Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Dan Model Pembelajaran MID (Meaningful Instruksional Design) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri Sekecamatan Balerejo

Nur Samsiyah

Abstract


Proses pembelajaran yang berlangsung dalam bentuk belajar mengajar melibatkan dua pihak antara guru dan siswa yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam Pembelajaran keterampilan bahasa terdapat empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Di antara keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit. Keterampilan Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Pembudayaan menuangkan gagasan atau ide siswa dalam bentuk tulisan dapat dikembangkan melalui pendidikan. Namun, sayang pembiasaan ini belum ditanggapi dengan serius dalam sistem pendidikan, sehingga budaya menulis pada kalangan siswa masih rendah dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk melaksanakan menulis cerita. Maka untuk mengatasi kesulitan tersebut menggunakan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design) dan model pembelajaran Circuit Learning. Penggunanaan model pembelajaran MID (Meaningfull instructional Design).


Keywords


Writing Skills, MID Models, Circuit Learning Models

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Muchsin, Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan, 1988.

Aris Shoimin, 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta, 2013.

Alwaisilah, Chaedar, Pengajaran Bahasa Komunikatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1996.

Ghazali, Syukur, Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Kedua, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependudukan, 2000.

Hardjono, Sartinah, Prinsip-prinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra, Jakarta: Dekdikbud, 1988.

Munandar. U., Kreativitas dan Keterbakatan.Strategi mewujudkan potensi kreatifitas dan Bakat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

------------------, Psikolog belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2009.

Utami Munadar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia Widia Sarana, 2002.

Raimes A, Techniques in teaching writing, Oxford: oxford university press, 1983.

Slameto, Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudjana, Nana, Cara Belajar Siswa Aktif dan Cara Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1989.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id