Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Motivasi Belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang

Fitri Yuliawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat asosiatif kausal (sebab akibat). Teknik pengumpulan data utama menggunakan metode angket. Sebagai pendukung data utama menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dilanjutkan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik pendidik terhadap motivasi belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang Klaten tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,925 > 1,687), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.


Keywords


Student perceptions, educator pedagogic competence, and science learning motivation

Full Text:

PDF

References


Amaruddin, Zen, Statistik Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2010.

Budiyono, Statistika untuk penelitian, Surakarta: UNS Press, 2009.

Daryanto, Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja: Pendidik Profesional,Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Hartono, SPSS 16,0: Analis Data Statistika dan Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Mulyasa, E, Menjadi Pendidik Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

_________, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Pendidik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Nisbah, Faizal, Hakikat IPA, Semarang: Aneka Ilmu, 2013.

Rohmah, Noer, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.

Saefullah, U, Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Santosa, Purbayu Budi dan Ashari, Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS, Yogyakarta: Andi, 2012.

Bhari Djamarah, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, 2010.

Siswanto, Victorianus Aries, Belajar Sendiri SPSS 22, Yogyakarta: Andi, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung:Alfabeta, 2013.

_______, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

Z, Mulyana A, Rahasia menjadi pendidik hebat: Memotivasi Diri menjadi Pendidik Luar Biasa, Jakarta: PT Grasindo, 2010.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id