Tingkat Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Guru-Guru MI Dalam Program Dual Mode System Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dona Aji Karunia Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menerapkan tatabahasa, menerapkan tatatulis ilmiah, mengorganisasikan isi makalah, dan memanfaatkan referensi dalam menulis karya ilmiah pada guru-guru MI dalam program dual mode system Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru MI dalam program dual mode system Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta cukup terampil dalam menyusun makalah dengan nilai rata-rata 65,25.


Keywords


Writing Skills, Scientific Work, Teachers

Full Text:

PDF

References


Brotowidjoyo, Mukayat D., Penulisan Karangan Ilmiah, Jakarta: Akademika Presindo, 1985.

Darmadi, Kaswan, Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Guru, Yogyakarta: Andi, 1996.

Kartono, dkk., Pengembangan Materi Guru Sekolah Dasar, Surakarta: Mata Padi Pressindo, 2009.

Semi, M. Atar, Menulis Efektif, Padang: Angkasa Raya, 1990.

Subana, dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id