Pengembangan LKM Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA MI 1

Mohamad Agung Rokhimawan

Abstract


Sesuai dengan tuntutan perubahan kurikulum pendidikan tinggi yang mensyaratkan dalam setiap kompetensi yang diberikan mahasiswa harus disandingkan dengan sebuah penguasaan keterampilan tertentu. Pembelajaran IPA pada mahasiswa calon mahasiswa MI/SD bertujuan agar mahasiswa mampu menguasi konsep-konsep dan mampu mengintegrasikan antara konsep dan praktik serta penerapanya dalam bentuk teknologi maupun dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik pengembangan LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains untuk Mahasiswa PGMI. (2) Bagaimana LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains berdasarkan penilaian pengguna. (3) Bagaimana respon mahasiswa PGMI dengan dikembangkannya LKM Pembelajan IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R&D.Prosedur dalam penelitian ini mengadaptasi pada pengembangan perangkat model 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Development, and Dissemination.

Hasil penelitian pengembangan LKM pada mata kuliah Pembelajaran IPA MI 1 berbasis keterampilan proses sains. yang dikembangkan sesuai dengan rancangan produk dimana hasil validasi produk oleh validator dan hasil respon atau tanggapan mahasiswa dilihat dari aspek kesesuaian isi dengan materi, keterbacaan, serta konstruksi LKM mempunyai kategori sangat tinggi, sedangkan hasil respon mahasiswa terhadap produk LKM yang dikembangkan dilihat dari aspek keterbacaan dan kemenarikan LKM mempunyai kategori sangat tinggi. LKM hasil pengembangan ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA MI diperguruan tinggi.


Keywords


Learning Science, MFIs, Science Process Skills

Full Text:

PDF

References


Achmad, H & Baradja, L., Demonstrasi Sains Kimia, Bandung: Penerbit Nuansa, 2012

Apriyani, Saptorini, Sri Nurhayati, Pembelajaran learning cycle 7Eterhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains sisw, Jurnal Pendidikan Kimia ISSN NO 2252-6609.2012, Semarang: UNNES, 2012

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Brady, James, Kimia Universitas Asas dan Struktur, Jakarta: Bina Rupa Aksara, 1999

Darmodjo, Hendro & Jenny R.E. Kaligis, Pendidikan IPA II, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.

Hikmah, Nur Fitri, Pengaruh Penggunaan Web Pada Pada Pembelajaran Fisika Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik

Sains Siswa (skripsi), Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Oxtoby, dkk., Prinsip-prinsip Kimia Modern Jilid 1.(Terjemahan Suminar). Jakarta: Erlangga (Buku asli diterbitkan tahun 1986), 2001.

Pujiadi, Anna, Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Maknun, Liliasari, Beny, et.al., Analisis Kemahiran Keterampilan Generik yang Dikembangkan Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Topik Kinematika Partikel, Jurnal Pendidikan Teknologi UPI. Bandung: INVOTEC, 2008.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Remaja

Rosdakarya, 2006.

Mulyatingsih, Endang, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Petrucci, General Chemistry Principle & Modern Applications, Canada: Person Education, 2007.

Rahadi, Aristo, Media Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004.

Rahman, T., Nuryani, Y.R., Nana, S.S., et al., Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik (P3BKG) dan Profil Kemampuan. Pendidikan Sains, 2009.

Rahman, Taufik, Profil Kemampuan Generik Awal Calon Mahasiswa dalam Membuat Perencanaan pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi, 2006.

Rais, El Heppy, Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Saptorini, Peningkatan Keterampilan Generik Sains Bagi Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Analisis Instrumen Berbasis Inkuiri, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 2 No.1.2008. Semarang: UNNES. 2008.

Sudarmin, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kemampuan Generik Sains. Jurnal Varia Pendidikan Kimia UNNES Vol.24 No.1.Juni 2012, Semarang: UNNES, . 2012.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo, 1999.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukardjo, Evaluasi Pembelajaran Sains, Yogyakarta: UNY Program S2, 2010.

Sunyono, Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains Pada Materi Kesetimbangan Kimia [Versielektronik]. Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia. Solo, Maret 2010, 2010.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

Wonorahardjo, Surjani, Dasar-dasar Sains, Jakarta: Indeks Jakarta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i1.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id