Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik di SD/MI

Andi Prastowo

Abstract


Tantangan pendidikan nasional Indonesia dalam bentuk kualitas sumber daya manusia yang rendah, terutama dalam aspek hardskill menunjukkan rendahnya kualitas pengembangan dan domain psikomotor pembelajaran di tingkat sekolah dasar dan madrasah ibtidaiya. Untuk itu diperlukan pembaharuan pembelajaran psikomotor berdasarkan bagaimana otak manusia. Seperti yang kita ketahui dari penelitian terbaru bahwa berbagai perkembangan dan penemuan terbaru di bidang ilmu saraf telah membawa temuan sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, termasuk domain psikomotor. Dalam hal ini, ada tiga bagian otak yang memiliki peran penting dalam mengatur dan mengelola bagaimana manusia mempelajari keterampilan baru, yaitu lobus frontal, korteks motorik, dan serebelum. Adapun keberhasilan dalam proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran psikomotorik harus dilakukan melalui tahap pembentukan rencana, tahap pelatihan praktik yang dipandu diikuti dengan praktik mandiri, dan tahap otonom.


Keywords


psychomotor learning, neuroscience, elementary school, Islamic elementary school

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad, Pendidikan untuk Pem­ bangunan Nasional, Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2009.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud, Rasionalisasi Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2013.

Brojosoemantri,Satrio, “Ketidakberdayaan Negara”, Kompas, Selasa, 20/9/2016.

Gunawan,Adi W. , Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning, Cet. V,Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Ikrar,Tauna, Ilmu Neurosains Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Jensen, Eric, Pemelajaran Berbasis-Otak, Diterj.oleh: Benyamin Molan, Jakarta: Indeks, 2011.

Nurmanto, Ahmad, “Jenis serta Struktur Otak”, dalam http://ugdklik.blogspot. co.id/ 2013/03/jenis-serta-struktur-otak-manusia.html, diunduh tanggal 24/11/2016.

Rahyubi,Heri,Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tujuan Kritis, Cet. III, Jawa Barat: Referens Bekerjasama dengan Nusa Media, 2016.

Sidi,Indra Jati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Cet. II, Jakarta Selatan: Paramadina bekerjasama dengan Logos Wacana Ilmu, 2003.

Sousa, David A., Bagaimana Otak Belajar: Edisi Keempat, Diterj.oleh: Siti Mahyuni, Jakarta: Indeks, 2012.

Sulthani, Lethina, “UNDP: Peringkat Pembangunan Manusia Indonesia ‘Jalan di Tempat’, diunggah pada tanggal 15/12/2015 di http://www.benarnews.org/indonesian/ berita/hdi-indonesia-12152015164648.

Suryadi, Ace,Pendidikan Indonesia Menuju 2025 “Outlook: Permasalahan, Tantangandan Alternatif Kebijakan, Bandung: Remaja Rosakarya, 2014.

UNDP, “2014 Human Development Report”, http://www.undp.org/content/undp/ en/home/presscenter/events/2014/ july/HDR2014.html diunduh tanggal 24/11/2016.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id