Strategi Mengusik (Mengeja Dengan Musik) sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar

Munawaroh Epriliani Aminah

Abstract


Kesulitan membaca permulaan menjadi permasalahan tersendiri pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Membaca permulaan adalah keterampilan yang mendasari peserta didik untuk menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya. Pada kelas awal jenjang sekolah dasar, peserta didik berada pada masa bermain. Hal ini menyebabkan peserta didik sulit untuk menerima pembelajaran yang diajarkan secara serius. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada bermain sambil belajar. Dalam dunia anak, nyanyian, lagu, dan musik sangat erat dengan dunia mereka. Jadi, untuk menyesuaikan dunia bermain dan belajar mereka, disusunlah strategi mengusik. Dengan strategi ini, peserta didik di kelas awal jenjang sekolah dasar yang masih kesulitan menguasai keterampilan membaca permulaan

diharapkan dapat lebih cepat menguasainya supaya mereka segera menguasai keterampilan-keterampilan berbahasa selanjutnya.


Keywords


strategy, music, reading, beginning, elementary school

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Listiyanto, Speed Reading:Teknik dan Metode Membaca Cepat, Yogyakarta: A+ Plus Books, 2010.

Dalman, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Muhaya, Abdul, Bersufi Melalui Musik, Sebuah Pembelaan Musik Sufi Oleh Ahmad al-Ghazali, Yogyakarta: Gama Media, 2003.

Ngalimun dan Alfulaila, Noor, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009.

Pramuki, B. Esti dkk, Materi Pokok Bahasa Indonesia, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.

Purwanto, Ngalim dan Alim, Djeniah, Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Rosda Jayaputra, 1997.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Slamet, Y., Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar, Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, 2007.

Slavin, Robert E. Dkk, Membaca Membuka Pintu Dunia, Program “Success for All”: Model yang Jelas dan Kuat untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Sukartiningsih, Wahyu, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 5, No. 1, 2014.

Wulandari, Marlina, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakn Media Kartu Kata Bergambar Untuk Anak Kelompok B di TK Arjuna Dayu Gadingsari Sanden Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2014.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v8i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id