Penerapan Model Kooperatif Tipe Simultaneous Roundtable untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa

Authors

  • Agus Sriwulan SDN Tunjungsekar 5 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.8

Keywords:

Simultaneous RoundTable type of Cooperative model, Students’ social skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SDN Tunjungsekar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Tunjungsekar 5 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Data tentang keterampilan sosial siswa dikumpulkan melalui lembar observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Pada siklus I, persentase keterampilan sosial siswa diperoleh hasil sebesar 55% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable yang mencakup sub aspek (1) kemampuan berkomunikasi dengan siswa lain, (2) menjalin hubungan pertemanan dengan teman sebaya, (3) mendengarkan pendapat teman, (4) memberi dan menerima kritik dari orang lain, dan (5) memberi atau menerima umpan balik. Kata Kunci: Model kooperatif tipe Simultaneous RoundTable, Keterampilan sosial siswa

References

Djamarah, S., Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Department of Education and Skills (DES), Literacy and numeracy for learning and life: The national strategy to improve literacy and numeracy among children and young people 2011-2020, Dublin: Government Publications, 2011.

Banks, J., An Introduction to Multicultural Education (4th ed.), Boston: Allyn & Bacon, 2006.

Bensley, D., Teaching and Assessing Critical Thinking Skills for Argument Analysis In Psychology, Teaching of Psychology, 37, 2010.

Eggen, P., & Kauchak, D., Educational Psychology: Windows on Classroom (7th ed.), Upper Sadle River, NJ: Pearson, 2007.

Jacobsen, D., Eggen, P., Kauchak, D., Methods For Teaching. New Jersey: Pearson Education, Inc., 2009.

Kagan, S., & Kagan, M., Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing, 2009.

Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R. The Action Research Planner. New York: Springer, 2014.

Maftuh, B., “Memperkuat Peran IPS dalam Membelajarkan Keterampilan Sosial dan Resolusi Konflik”, Makalah, Disajikan dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Pendidikan IPS pada FPIPS UPI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Vaughn, S., Bos, C., Candace, S., & Schumm, J. Teaching Exceptional, diverse, and at-Risk Student in the General Education Classromm (3th ed.). Boston: Allyn & Bacon, 2006.

Widyastono, H., Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah (Dari Kurikulum

, 2006 ke Kurikulum 2013). Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Downloads