Revitalisasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Pengintegrasian Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar

Authors

  • Ahmad Salim Dosen PAlSTIA Alma Ata Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.79

Keywords:

Principal roles, manager, students

Abstract

Mencuatnya beberapa tindakan kekerasan, ketidakjujuran, penyalahgunaan obat terlarang, sek bebas serta hal lain membahayakan eksistensi generasi bangsa. Untuk menguatkan dan mengembangkan karakter luhur siswa pendidikan tingkat dasar dalam kehidupan sehari-hari, maka peran dan fungsi kepala sekolah diperlikan secara optimal. Beberapa peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah pada tingkat dasar adalah peran sebagai seorang perencana, pelaksana, pengontrol serta sebagai evaluator guna mengontrol atau memastikan bahwa semua aktivitas tersebut terkait terhadap pengembangan dan penumbuhkembangan ni/ai-nilai yang telah disepakati pada sekolah bersangkutan. Us aha ini diyakini cukup efektif untuk memberikan modal bagi siswa, sehingga siswa diharapkan mempunyai kompetensi memadahi untuk berkompetisi dimanapun dia berada.

References

B., Aliyah Hasan, Purwakania, Psikologi Perkembangan Islami , Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Cameron, Lynne, Teaching Language To Young Learners, England, Cambridge University press

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.

Hidayat, Asep Saifullah, “Manajemen Sekolah Berbasis Karakter”, Jumal Inovasi dan Kewirausahaan, No.I Januari 2012.

Hidayat, Syarif, Demokratisasi dan Desentralisasi Pendidikan, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Menuju Terwujudnya Masyarakat Madani, dalam Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru 70 Tahun Prof. Dr. Tilar, Jakarta: PT. Grasindo, 2002.

Kamil, Sukron, Pemikiran Politik Islam Tematik, Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Kemenag, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Lapis, 2008.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Budaya dan karakter Bangsa, Panduan Sekolah, Jakarta, 2011.

Kusuma, Dharma dkk., Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Malik, Fajar, “Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan”, Pidato llmiah, IAIN Sunan Ampel Malang, 1995.

Marzuki, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama”, Makalah Seminar Pendidikan karakter dengan Tema, Intemasisasi Pendidikan Karakter Melalui Proses Pembelajaran Ahmad Salim, Revitalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Rangka mewujudkan Generasi yang Nurani, Cendekia, dan Mandiri DI SMPN 5 Wates Kulon Progo, 2011.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Munir, Abdullah, Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Musfah, Jujen, Membumikan Pendidikan Holistik (Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Permen Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Depdiknas.ac.id. diakses pada 12 Oktober 2013.

Rahman, Hibana S., Konsep PAUD, Yogyakarta: Bina Insan Mulia press, 2004.

Salim, Ahmad, Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah, Sebuah Konsep dan Penerapannya, Yogyakarta: Sabda Media, 2013.

Satriyo, Karakteristik Perkembangan Peserta Didik Anak Masa Sekolah, pba-iainsu. diakses, 27 November 2013.

Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Thomas Lickona 1999 Religion and Chapter Education, Phi Delta Kappa, 00317217, Sep.1999, Vol. 81. Issue 1.

Tilar, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi, Visi, Misi dan Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020, Jakarta: PT. Grasindo, 1997.

Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Downloads

Published

2018-12-09