Implementasi Kurikulum 2013 di Kelas IV MIN Yogyakarta II

Endang Sulistyowati

Abstract


Kurikulum 2013 mulai diterapkan di madrasah pada tahun ajaran 2014/2015. Ketika diimplementasikan kurikulum 2013 itu, ternyata ditemukan banyak masalah yang dihadapi para guru dan siswa. Masalah yang paling krusial adalah bagaimana melakukan pembelajaran tematik integrative dengan pendekatan pembelajaran scientific, dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student centre). Kesulitan lain berkaitan dengan evaluasi otentik. Para guru MIN Yogyakarta II telah menggunakan Kurikulum 2013 sejak semester genap tahun ajaran 2014/2015. Madrasah ini diharapkan untuk menjadi madrasah model. Meskipun para guru MIN telah mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum 2013, faktanya para guru masih banyak mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut.


Keywords


Islamic Elementary School, learning, evaluation, curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Wijaya, Adi, dalam http://p4tkmatematika.org/2013/12/pentingnya-analisis-buku-siswa-dalam implemen tasi-kurikulum-2013/diakses pada 14 Mei 2013.

Darmuji, “Implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014, Tesis, Universitas Wahid Hasyim, Semarang, 2014.

Santock, John W., Psikologi Pendidikan, edisi 2, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2007.

Lestari, Puji, “Kompetensi Guru SMK dalam Implementasi Kurikulum 2013”, Skripsi, STKIP: Garut, 2014.

Samsuri, “Kebijakan pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013”, disampaikan pada Kuliah Umum Prodi PGSD Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan, 2013, diakses pada Tanggal 13 Mei 2013, Diambil dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ penelitian/Dr.%20Samsuri,%20%20S.Pd.,%20M.Ag./Kebijakan%20Pembelajaran%2OTematik%20Terpadu%20Kurikulum%202013%20-%20Makalah%20Unimed%207%20 September%202013.pdf.

Amin, Solekhul, “Tinjauan keunggulan dan kelemahan penerapan kurikulum 2013 tingkat SD/MI”, Jurnal Al-Bidayah, Volume 5 No.2, Yogyakarta: PGMI UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 tahun 2012 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id