Upaya Meningkatkan Kemahiran Berbicara Melalui Metode TPR (Total Physical Response) dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas IV A MI

Muhammad Jafar Shodiq

Abstract


Pada pengajaran bahasa Arab, guru sering menemukan kesulitan untuk mendapatkan siswa mampu berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan TPR (Total Physical Response) di kelas IV A MI Sultan Agung, dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan metode TPR. Skor hasil tes pada tahap pertama akhir belajar bahasa Arab rata-rata 52.95, kurang begitu baik, dan tahap kedua telah mencapai nilai rata-rata 66,57 atau dengan,kriteria,baik.

 

Kata Kunci: Arab, guru, siswa, belajar, berbicara.


Keywords


Arabic, teacher, student, study, speaking

Full Text:

PDF

References


A.E. Sinolungan, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: GunungAgung, 1977.

Ad. Rooijakkers, Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Gramedia, 1984.

Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Miskat, cet 3, 2005.

Ahmad Madkur, Tadris Funun al-Lughah al-'Arabiyah, Kairo: Dar al-Fikr al-Arabi, 2000.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya cetakan I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

C. Now dan C. Ferguson, Talking to Children, Cambridge: Cambridge University, 1977.

Cahyani, Wiwin, "Metode Total Physical Response dalam pembelajaran bahasa Arab kelas kelas IVB SD II Nurul Musthafa DelanguKlaten", Skripsi, Yogyakarta: S1 Pendidikan Bahasa Arab Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga, 2005.

H. Dulay, M. Burt and S. Krasen, Language Two, New York: Oxford, 1982.

J. Asher, Learning Another Language Through Actions: The Complete Teachers Guide Book Los Gatos, California: Sky Oaks Productions, 1982.

J. Oller, Issues in Language Testing Research, Nowley, Massachusetts: New burry House, 1983.

Larry, Gilbert King, & Bill, Seni Berbicara, Jakarta: Gramedia, 2004.

A. Mear, Experimental Investigation of Receptive Language. Paper presented at the second international congress of applied linguistic, Cambridge University: Cambridge, England, 1969.

Mustafa Ruslan, Ta'limu al-Lughah al- 'Arabiyah, Kairo: Saifuddin a1-Mahrani-al-Fajja1ah, 2005.

Paul Suparno, Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Radliyah Zaenuddin, dkk, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Ttp: Pustaka Rihlah Group dan STAIN Cirebon Press, 2005.

Richard Dunne, dan Ted Wragg, Pembelajaran Efektif, Jakarta: Grasindo, 1996.

Riyanto, Theo Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan, Jakarta: Grasindo, 2002.

S. Krasen, Current Issues in Bilingual Education, Washington D.C.: Georgetown University, 1980.

S. Krasen, The Monitor Model for Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching in B, Gingras (e.d) Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching. Arlington, Virginia: Center for Applied Linguistics, 1979b.

Soedarsono, Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Dirjen Dikti, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id