Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Authors

  • Asep Kurnia Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v5i1.63

Keywords:

Penggunaan suatu pendekatan pembelajaran di kelas sangat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SDIMI dalam matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran inovatifyang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingk

Abstract

Penggunaan suatu pendekatan pembelajaran di kelas sangat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SDIMI dalam matematika. Salah satu pendekatan pembelajaran inovatifyang secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat ·tinggi siswa SDIMI dalam matematika. adalah pendekatan problem solving. Hanya saja dalam pelaksanaannya di kelas, tetap harus berpedoman kepada tahap perkembangan intelektual siswa, dengan agar tidak terjadi kegagalan. Selanjutnya dengan penggunaan pendekatan ini diharapkan terciptanya individu-individu generasi penerus, pembela agama dan bangsa yang handal, kreatifdan tangguh.

References

Adjie, N, dan Maulana, Pemecahan Masalah Matematika, Bandung: UPI Press, 2006.

Jones, T, Instructional Approaches to Teaching Problem Solving in Mathematics: Integrating Theories ofLeaming and Technology, Final Paper, 2000.

Nurihsan, J, Perkembangan Peserta Didik,(Modul) Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, 2007.

Reys, R, E, dkk Helping Children Learn Mathematics, Fifth Edition, USA: Allyn & Bacon, 1998.

Ruseffendi, E, T, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito, 2006.

Taplin, M, Mathematics through Problem Solving, Hongkong: Institute of Sathya Sai Education Hong Kong, 2006.

TIMSS 1999

Wahyudin, Strategi Belajar Mengajar Matematika, Bandung : Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, 2007.

Downloads