Urgensi Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual dalam Matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Siti Johariyah

Abstract


Pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang banyak melibatkan peserta didik secara aktif dan membantu mengaitkan materi pelajaran yang diterimanya dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi, Peserta didik lebih banyak mencari dengan cara melakukan, mendiskusikan, menanyakan, dan mengkomunikasikan apa yang mereka temukan dengan ternan sekelas maupun guru, Guru bertindak sebagai fasilitator yang menfasilitasi dan membantu peserta didik untuk mengaitkan antara apa yang mereka terima di sekolah dengan kehidupan mereka sehari-hari, Dari sini nampak bahwasannya pembelajaran dengan pendekatan kontekstual patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam mengajarkan SKI di MIPendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang banyak melibatkan peserta didik secara aktif dan membantu mengaitkan materi pelajaran yang diterimanya dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi, Peserta didik lebih banyak mencari dengan cara melakukan, mendiskusikan, menanyakan, dan mengkomunikasikan apa yang mereka temukan dengan ternan sekelas maupun guru, Guru bertindak sebagai fasilitator yang menfasilitasi dan membantu peserta didik untuk mengaitkan antara apa yang mereka terima di sekolah dengan kehidupan mereka sehari-hari, Dari sini nampak bahwasannya pembelajaran dengan pendekatan kontekstual patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam mengajarkan SKI di MI

Keywords


pendekatan kontekstual, pembelajaran SKI MI

Full Text:

PDF

References


Anonim, Kurikulum yang Disempurnakan Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2006.

E, Mulyasa, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2007.

Elaine B, Johnson, Contextual Teaching and Learning, Penerjemah Ibnu setiawan, Bandung: Mizan Learning Center (MLC), 2009.

Kementrian Agama, “Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah” Berdasar Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar lsi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Melvin L, Siberman, Active Learning 101 Cara Belajar Siwa Aktif, Standar lsi Madrasah Ibtidaiyah, Direktorat Pendidikan pada Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Departemen Agama Republik Indonesia, 2006.

Muslich, Masnur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v1i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

This work for Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License