Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Basic Learning

Authors

  • Irawaty Andi Pana SMP Muhammadiyah 2 Mlati, Sono, Sinduadi, Mlati, SLeman, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v4i2.54

Keywords:

Learning outcomes, Learning Tools, Problem Basic Learning

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati memerlukan perangkat pembelajaran yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran makanan dan sistem pencernaan makanan berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah yang meliputi: (1) bahan ajar, panduan guru dan panduan siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), tes hasil belajar (THB). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas secara lebih professional. Hasil dari penelitian: Nilai rata-rata dari pra tindakan hingga pelaksanaan siklus I dan siklus 2 selalu mengalami peningkatan.

References

Abied, “Model Pembelajaran Berbasis Masalah”, diakses pada Tanggal 1 Oktober 2010, Dari: http://meetabied.wordpress.com/2009/2007/08/model-pembelajaran:Masalah/, 2009.

Alhadad, S. F., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP Berorientasi Model Pembelajaran Interaktif”. Makalah Komprehensif, Surabaya: PPs UNESA, 2002.

Amir, T., Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Arends, R., Clasroom Instruction and Management, New York: Mc.Graw-Hill Comparues. Inc, 1997.

Arends, R., Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Arikunto, S., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1999.

Arismawati, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik (Studi pada Siswa Kelas VII SMP 26 Makassar)”, Skripsi, Makkasar: FMIPA UNM Makassar, tidak diterbitkan.

Asmirawati, “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Makassar”, Skripsi, Makassar: FMIPA UNM Makassar, tidak diterbitkan.

Dahar, R. W., Teori-Teori Belajar, Jakarta: Depdikbud P2LPTK, 1988.

Darwis, M., “Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Statistika”, Tesis, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2007.

Dasna, I. W dan Sutrisno, “Pembelajaran Berbasis Masalah”, Online, diakses pada Tanggal 10 September 2010, Dari: http://www.burstnet.com/ads/ad9369a-map.cgi/ns. Html, 2007.

Degeng, I. N. S., Kumpulan Bahan Pembelajaran, Ma1ang: LP3 Universitas Negeri Malang, 1997.

Degeng, I. N, S., Pelatihan Pekerti Menuju Pribadi Unggul, Malang: UM Press, 2000.

Degeng, I. N. S., Pedoman Penyusunan Bahan Ajar Menuju Pribadi Unggul, Malang: LP3 Universitas Negeri Malang, 2001.

Depdiknas, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum, 2003.

Dikdasmen, “Pedoman Umum Penyusunan Bahan Ajar”, Diambil pada Tanggal 12 Desember 2010, Dari: http:/ /jip.pdkjateng.go.id, 2006.

Fadillah, “Pengaruh Penerapan Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Ketrampilan Proses Sains Dan Prestasi Be/ajar Siswa”, Diambil pada Tanggal 12 Maret 2011, Dari: http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view//8785, 2007.

Gallow, De., “What is Problem Based Learning?”, Diambil pada Tanggal 27 Agustus 2010, Dari: http://www. pbl.uci.edu/whatispbl.html, 2008.

Gunawan, “Pengaruh Penerapan, Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Diambil pada Tangal 12 Maret 2011, Dari: http://forumpenelitian.blogspot.com/2009/08/pengaruh-metode-pbl-terhadap-hasil.html, 2008.

Hartati, “SOS Dunia Pendidikan Indonesia”, Online, Diambil pada Tanggal 10 September 2010 http://www.kompascetak/0712/10/pddkn/4056322.html, 2007.

Ibrahim, M., Pengernbangan Perangkat Pembelajaran (Pelatihan Terintegrasi Barbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi), Surabaya: Depdiknas, 2003.

Ismail, Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran), Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas, 2003.

Isparjadi, Statistik Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, 1988.

Kamalia, P. D., Reni, S., Khaeruddin, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru SMP, Jakarta: PPPPTK IPA untuk Program BERMUTU, 2009.

Mujib, A.I., “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Sruktural di SMU”, Tesis, Surabaya: PPs UNESA, 2004.

Nasoetion, N., Suryanto, A., dan Supriyati, Y., Evaluasi Pembe-lajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Nur, T., “Penerapan Pembelajaran Problem Solving Dipadu Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem kelas X SMA Negeri 3 Temate Tahun Pelajaran 2006/2007”, Tesis tidak diterbitkan, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2008.

Nurhusain, M., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kooperatif Teams Games Tournaments dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar”, Skripsi tidak diterbitkan, Makassar: FMIPA UNM Makassar, 2009.

O'Meara, D., Describe Contex and Using Cintecxt in Learning, and Provide Criteria for Materials Review, Australia: Ministry of National Education, Dicrectorate General of Primary and Secondary Education, 2004.

Prawiradilaga dan Salma, D., Prinsip Disain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Ruseffendi. E.T., Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: PT. Remaja Karya, 1988.

Sagala, S., Konsep dan Makna Pembelajaran, Jakarta: Alfabeta, 2006.

Sastrawijaya, A. T dan Kardi, S., Kurikulum dan Pengajaran, Surabaya: University Press IKIP Surabaya, 1995.

Sianturi, “Pengembangan Paket Pembelajaran Dengan Model Dick Carey & Carey Pada Mata Pelajaran Fisika Bagi Siswa Kelas X Semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawsi Tengah”, Tesis tidak diterbitkan, Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2008.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Slavin, R E., Cooperative Learning: Theory, Research and Practice, Boston: Second Edition. Allyn and Bacon Publisher, 1995.

Slavin, R E., Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktek, Jakarta: PT Indeks, 2008.

Soedjana, N., Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1989.

Sudarman, “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Diambil pada Tanggal 10 September 2010, Dari: http:jumaljpi.files.wordpress.com/2007/09/04-sudarmanpdf, 2007.

Soedjadi, R., Kiat Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Dikti Depdiknas, 2000.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Supamo,P., Filsafat Konstruktifisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kasinus, 1997.

Susilo, J., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007. ·

Trianto, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Aneka Cipta, 2007.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Kelas, Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Tuti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matemaiika Melalui Pendekatan Realistik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Pare-Pare”. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM Makassar, 2010.

Uno, H. B, Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Wahyuni, S, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah”, Skripsi tidak diterbitkan, Makassar: FMIPA UNM Makassar, 2009.

Downloads