Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament pada Mata Pelajaran Matematika

Nur Hidayat

Abstract


Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti intelegensi, minat, sikap, dan motivasi. MIN Sambeng merupakan salah satu madrasah yang terletak di Kecamatan Ngawen Gunungkidul. Prestasi belajar matematika pada kelas terse but, tergolong paling rendah dibandingkan dengan kelas dan jenjang yang lain. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Hasil penelitian: nilai rata-rata dari pra tiridakan hingga pelaksanaan tinggkatan II selalu mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Matematika, MI, Prestasi, Learning Tournament.


Keywords


Mathematics, Elementary School, achievement, Learning tournament

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Bahri Djamrah, Syaiful & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Gulo, W, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2002.

H, Hudoyo, Mengajar Belajar Matematika, Jakarta: Depdikbud, 1998.

Hajar, Ibnu, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatifdalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif- Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UJN Sunan Kalijaga, 2009.

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Hidayat, Komarudin, Active LearningJOJ Strategi Pembelajaran Aktif, terjemahan dari Mel Silberman, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007.

Jihad, Asep, Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritisdan Historis), Yogyakarta: Multi Pressindo, 2008.

Joko Tri Prasetya - Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2005.

Mulyasa, E, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Mulyasa, E, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Redaksi, Tim, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Redaksi, Tim, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1994.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Be/ajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Suherman, Erman, Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Surya, Subroto, Proses Pengajaran, Yogyakarta: Amarta, 1997.

Sutawijaya, “Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, Jurnal Matematika, 1lmu Pengetahuan Alam, dan Pengajarannya No. 2, Malang: UNM, 1997.

Tabrani, A, dkk, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Ulih, Bukit, Metodologi Pengajaran, Salatiga: CV. Saudara, 1975.

Uno, Hamzah B., Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007.

Uno, Hamzah B., Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

W,S, Winkel, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grafindo, 1991.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id