Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Tingkat SD

Laelatul Badriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika sislt'a. Populasi dan sampel penelitian adalah 91 siswa kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Analisis statistik yang digunakan adalah uji t-tes rumus polled varians dengan tarafsignijikan 5% Hasil analisis uji t-tes untuk hipotesis penelitian yaitu "ada pengaruh yang signijikan antara hasil belajar matematika siswa yang diberi strategi pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa yang diberi strategi pembelajaran konvensional". Berdasarkan pengujian ini, Ho diterima dan Ha ditolak.

Keywords


strategy, problem solving, mathematics

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas dkk., Bahan Ajar Cetak Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Andrina, Sutinah, Makalah Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, 2006.

Angermanto, Agus, Peranan Guru dalam Pendidikan, dikutip 25 November 2008 dari http://www.bruderfic.or.id.lh 129/.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Artur, A & Elaine, N.A., Statistics for the behaviorial and social sciences (41h ed), State University of New York at Stony Brook: Pearson Prentice Hall, Pearson Education International, 1997.

Azwar, Saifudin, Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Best, J.W., Research in Education (3 1h ed), Prentice Hall, Inc.Englewood Cliffs, New Jersey, 1977.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Hudoj, Herman, Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, 1988.

Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang, 2005.

Killen, R, Effective Teaching Strategies Lessons From Research and Practice. (6nd ed). Australia: Social Science Press, 1998.

Mardapi, Djemari, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Perss, 2007.

Munandar, Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak di Sekolah Petunjuk bagi Para Guru dan Orang Tua, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.

National Council of Teachers of Mathematics, Curriculum and evaluation standartsfor school mathematics, Reston, VA: NCTM, 1989.

National Council of Teachers of Mathematics, Principles and Standartsfor School Mathematics, Reston, VA: NCTM, 2000.

Pendidikan, Jakarta: Predana Media Group, 2008.

Pitadjeng, Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 2006.

Quist, D., Primary Teaching Methods, Macimillan Teaching Handbooks, 2000.

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar bam Algasindo, 1986.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.

Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 1998.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007.

Suryabrata, Sumardi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1988.

Usaid, Artike1Permainan pembelajaran matematik, (MBE, 2006). Hlm. 55, dikutip 15 Desember 2008 dari www.google.com/pdf.

Van den Heuvei, P.M. & Baarends, B. C., All or nothing: Problem Solving by High Achievers In Mathematics. Journal of The Korea Society of Mathematical Education, 8(3), 115-121, (2004), Dikutip 21 Juli 2009 dari http://www.fi. uu.ni./publicates.literatur/6500/pdf.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License