Integrasi Pendidikan Islam dan Neurosains dan Implikasinya Bagi Pendidikan Dasar (PGMI)

Authors

  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.29

Keywords:

Integrity, Islamic Education and Neuroscience

Abstract

Hakekat pendidikan Islam adalah optimalisasi potensi. Seluruh potensi manusia bertumpu pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains. Hasil integrasi antara pendidikan Islam dan neurosain dalam penelitian ini disebut Neuroscience Islamic Education. Temuan ini berimplikasi secara filosofis, teoritis dan praktis, bahwa prodi PGMI mempunyai peluang besar bagi dimulainya mega proyek integrasi-interkoneksi keilmuan, karena di prodi PGMI, semua bidang ilmu dipelajari, secara holistik-integralistik.Kata Kunci: Integrsi, Pendidikan Islam dan Neurosain

References

Abdullah, Amin, “Pendidikan Karakter: Mengasah Kepekaan Hati Nurani”, Makalah disampaikan pada acara Sarasehan Nasional Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Hotel Santika, 2010.

Adi W. Gunawan, Genius Learning, Jakarta: Gramedia, 2003.

Jamal, Budi, dan Tajdin, Mustapha, Islamic Creative Thinking, Berpikir Kreatif Berdasarkan Metode Qur 'ani, Bandung: Mizan, 2004.

Lacoboni, Marco Mirronging People, The New Science ofHow We Connect Whit Others, NY: Farrar Straus and Giraux, 2008.

Ma'ararif, Syafi'i, "Rapuhnya Pondasi Moral Bangsa Ini Nyaris Sempurna", Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta: KR, 1999.

Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etiha dalam Islam, Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY, 2009.

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian, Edisi VI, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.

Mulkhan, Abdul Munir, “Kecerdasan Ma 'rifat (Ma 'rifat Quotient/ MaQ) Jalan Pembebasan Manusia dari Mekanisme Konflik dalam Begawan Muhammadiyah", Bunga Rampai Pidato pengukuhan Guru Besar Tokoh Muhammadiyah, Jakarta: PSAP, 2005.

Pasiak, Taufik, "Pendidikan Karakter Sebagai Pendidikan Otak dalam Firmanzah, dkk,” Mengetasi Masalah Narkoba dengan Welas Asih, Jakarta: Gramedia, 2012.

Pasiak, Taufik, Majemen Kecerdasan, Bandung: Mizan, 2004.

Pasiak, Taufik, Revolusi IQIEQISQ, Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Quran dan Neurosain Mutakhir, Bandung: Mizan, 2006.

Pramuji, Hadjar, "Membangun Kecerdasan Kolektif sebuah Bangsa" dalam diskusi public yang diselenggarakan Kedaulatan Rakyat Peduli Pendidikan, di Universitas Atmajaya Yogyakarta pada tanggal 15 Januari, 2012.

Rahmat, Jalaluddin, Belajar Cerdas Berbasis Otak, Bandung: Mizan, 2008.

Suyadi, Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012.

Suyata, "Pendidikan Karakter: Dimensi filosofis dalam Zuchdi (ed)”, Pendidikan Karakter dalam perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Tim Badan Penelitian dan Pengembang, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembang Kurikulum Nasional, 2010.

Yuchdi, Darmiyati, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Downloads