Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta

Nunung Paryati, Fitri Yuliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan

instrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris meggunakan program IBM SPSS Statistic 22 dengan analisis korelasi bivariat dan menggunakanrumus Product Moment Correlation. Populasinya yakni peserta didik kelas V dan sampelnya peserta didik kelas VC dengan pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling di SD Muhammadiyah

Condongcatur Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan yakni dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017 terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 7 peserta didik atau sebanyak 19,44%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%, kriteria sedang terdapat 16 peserta didik atau sebanyak 44,44%, kriteria rendah terdapat 3 peserta didik atau sebanyak 8,33% dan kriteria sangat rendah terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%.

Kata kunci: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD Muhammadiyah

Condongcatur


Keywords


PISA; Literacy Science ability; SD Muhammadiyah Condongcatur

Full Text:

PDF

References


Anonim (Artikel). Taman Pintar science center sebagai sarana litersi sains masyarakat, di akses di http:/inovasi.lan.go.id/index.php?f=download/getFile&id=293 pada tanggal 16 Maret 2017 pukul 17.15 WIB.

Hayat, Bahrul dan Yusuf, Suhendra. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Sutisnawati, Asri. 2015. “Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi Sains” (Penerapan Literasi Sains di Sekolah Dasar). Vol. 2, Prosiding Seminar Pendidikan Dasar. Di akses di http://eprints.uad.

ac.id/2845/1/%5BBURN%5D%20Prosiding%20Pendas%202015%20Vol%202.pdf pada tanggal 17 April 2017 pukul 12.00.

Toharudin, Uus et al. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. (Ed) Nuryani Y. Rustaman. Bandung: Humaniora, 2011.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id