Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Tematik

Authors

  • Endang Sulistyowati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.19

Keywords:

Islamic education, Student, Islamic, thematic

Abstract

Pendidikan agama Islam, suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik, agar dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh, menghayati tujuan, dan pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Tujuan pembelajaran PAI untuk menumbuh kembangkan aqidah Islam dan mewujudkan manusia Indonesia taat beragama dan berakhlaq mulia. Pendekatan pembelajaran PAI secara tematik menjadi urgen. Karena itulah, pola yang dapat diakomodir adalah menetapkan tema-tema dalam lingkup PAI, meliputi: AI Qur'an, Aqidah, Fikih, Akhlak, dan SKI.Kata Kunci: PAI, Siswa, Islam, tematik

References

Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Departeman Agama RI, “Pedoman Penyusunan Pembelajaran Tematik PAl SD”, 2009.

Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2006.

Uno, Hamzah B. & Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Maksudin, Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di SMU, Yogyakarta: LESFI, 2004.

Zulkifli L, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2005.

http://arinil.wordpress.com./2011/20/07/tujuan-dan-ruang-lingkup-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam-sdmi/.

Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Downloads