Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Tematik

Endang Sulistyowati

Abstract


Pendidikan agama Islam, suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik, agar dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh, menghayati tujuan, dan pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Tujuan pembelajaran PAI untuk menumbuh kembangkan aqidah Islam dan mewujudkan manusia Indonesia taat beragama dan berakhlaq mulia. Pendekatan pembelajaran PAI secara tematik menjadi urgen. Karena itulah, pola yang dapat diakomodir adalah menetapkan tema-tema dalam lingkup PAI, meliputi: AI Qur'an, Aqidah, Fikih, Akhlak, dan SKI.

Kata Kunci: PAI, Siswa, Islam, tematik


Keywords


Islamic education, Student, Islamic, thematic

Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Departeman Agama RI, “Pedoman Penyusunan Pembelajaran Tematik PAl SD”, 2009.

Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2006.

Uno, Hamzah B. & Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Maksudin, Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Di SMU, Yogyakarta: LESFI, 2004.

Zulkifli L, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya, 2005.

http://arinil.wordpress.com./2011/20/07/tujuan-dan-ruang-lingkup-mata-pelajaran-pendidikan-agama-islam-sdmi/.

Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id