Efektifitas Strategi Circle of Questions Dalam Memahami Bacaan Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V MIN Kebonagung

Jumariyanto Jumariyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kebonagung yang berjumlah 59 siswa terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes pilihan ganda yang melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika parametrik yaitu uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Circle of Questions dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Know-Want to learn-Learned (KWL). Hal ini dibuktikan dari analisis uji t data post test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,042 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Hasil uji efektivitas menggunakan uji Gain Score diperoleh Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,044 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya strategi Circle of Questions teruji efektif dalam pembelajaran pemahaman membaca.


Keywords


Efektivitas; Strategi Circle of Questions; Pemahaman Membaca

Full Text:

PDF

References


Ahuja, Pramila dan G.C. Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyati, Yeti, dkk. 2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

St. Y. Slamet. 1978. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, 1978.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sumarwati dan Purwadi. 2010. "Pembuatan Pertanyaan Awal pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif". Diksi,1,XVII. Diunduh pada 03 Februari 2017 dari http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/6573/5633.

Trihendaradi, C. 2013. Langkah Menguasai SPSS 21. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio: Alfred University.

Zahroh, Aminatul. 2014. Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zuchdi, Darmiyati. 2012. Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License