Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI)

Authors

  • Septia Sugiarsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v9i2.18

Keywords:

reading, DEAR

Abstract

Keterampilan membaca di sekolah dasar menjadi fondasi atau dasar penentu keberhasilan belajar siswa. Namun sayangnya, keterampilan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia memiliki kecenderungan yang rendah. Hasil penelitian PIRLS menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesiamenempati urutan ke 41 dari 45 negara. Hasil penelitian EGRA menunjukkan bahwa 50% dari 4323 siswa kelas III SD di Indonesia dapat membaca (melek huruf), tetapi dari jumlah tersebut hanya setengahnya yang benar-benar memahami apa yang dibaca. Berdasarkan kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) di Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar (MI) adalah melalui DEAR (Drop Everything and Read) yang berarti tinggalkan semua aktivitas dan bacalah. DEAR dapat dijadikan suatu program penggalakan kebiasaan membaca pada siswa melalui program rutin. Pelaksanaan DEAR di sekolah dasar dapat dilakukan dengan meluangkan waktu sejenak di pagi hari sekitar 15-30 menit meninggalakan semua aktivitas untuk membaca. DEAR dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah baik siswa, guru, maupun karyawan. Bahan bacaan dalam DEAR dipilih sendiri oleh siswa yang sesuai dengan minat dan tingkat kemampuannya. DEAR membuat siswa senang membaca, gemar membaca, terbiasa membaca, dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan sehingga tercipta budaya membaca pada masing-masing siswa baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Melalui DEAR keterampilan membaca siswa akan meningkat.Kata kunci: membaca, DEAR

References

Adler, Mortimer, Drop Everything and Read, Diakses dari http://www.esl4kids.net/tips/read.html, Pada tanggal 1 Oktober 2017, Jam 21.00 WIB.

Allen, Alta, Real-world Approaches to Reading, Diakses dari http://www.learnnc.org/lp/pages/769, Pada tanggal 4 Oktober 2017, Jam 20.22 WIB.

Gardner, Traci, Lesson Plan: A Daily DEAR Program: Drop Everything, and Ready, Diakses dari http://www.readwritethink.org/classroom-resources/lesson-plans/daily-dear-program-drop-55.html, Pada tanggal 1 Oktober 2017, Jam 22.00 WIB.

Heath, Nikki, DEAR–Drop Everything and Read, Diakses dari http://heartoftheschool.edublogs.org/whatwe-do/reading-and-literacy/dear-dropeverything-and-read/. Pada tanggal 30 September 2017, Jam 13.00 WIB.

Maslakhah, Siti, dkk., Bahasa Indonesia (Panduan Menulis Karya Ilmiah, Yogyakarta: Kanwa Publisher, 2011.

Rahim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Rofi’udin, Ahmad & Zuchdi, Darmiyati, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Surabaya: Universitas Negeri Malang, 2001.

Tarigan, Henry Gunur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1985.

USAID PRIORITAS. Buku Sumber untuk Dosen Lptk Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: USAID PRIORITAS, 2015.

Verner, Susan. Real World Approaches to Reading 10 Simple Strategies You Can Use Today. Diakses dari http://busyteacher.org/11907-real-worldreading-approaches-10-simple-strategies.html, Pada tanggal 4 Oktober 2017, Jam 20.00 WIB.

Downloads