Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disposisi Matematis Pada Materi FPB Dan KPK SD/MI Tunanetra

Ahmad Surohman

Abstract


This research is a development research that aims to study the product development process of mathematical disposition instruments in FPB and KPK material at SDLB A Yaketunis Yogyakarta, second to find out the feasibility of instrument products, mathematical dispositions on FPB and KPK material in SDLB A Yaketunis Yogyakarta. The results of the research on developing instruments about mathematical dispositions in FPB and KPK material in SDLB A Yaketunis Yogyakarta are as follows: products related to reliable coordination in the joba test have been obtained 0.7 so that the data error is 30%. Then according to experts this product has been proven valid.


Keywords


Assessment Instruments; Mathematical Disposition; Blind

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nandiya. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus”. Magistra. Vol. 25. No. 86 DOI: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=253246&val=6820&title=MENGENAL%20ANAK%20BERKEBUTUHAN%20KHUSUS

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. cet 2. Yogyakarta: Pusataka Pelajar. 1997.

Azwar, Saifudin. Validitas dan Reliabilitas. cetakan ke 9. Yogyakarta: Pustakapelajar. 2018.

Basuki, Ismet dan Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. cet ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2016.

Darmadi, Hamid. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan Sosisal. Bandung: Alfabeta. 2013.

Feldaus, C. Adam. “How Mathematical Disposition and Intellectual Development Influence Teacher Candidates’ Mathematical Knowledge for Teaching in a Mathematics Course for Elementary School Teachers”. Desertasi. Ohio: The Patton College of Education.

Gurria, Angel. “PISA Result in Focus”. dalam laman https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

Hall, Katrina Leigh. “The Mathematical Disposition Of Middle School Students: An Examination Of Students’ Self-Concept Of Ability In Mathematics”. Dessertation. Portland & Biddeford. Maine: The College of Graduate and Professional Studies at the University of New England.

Hardoko, Ervan. “Indeks Persepsi 2017: Peringkat Indonesia di Bawah Timor Leste”. dalam laman https://internasional.kompas.com/read/2018/02/26/14444501/indeks-persepsi-korupsi-2017-peringkat-indonesia-di-bawah-timor-leste

Hendriana, Heris. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung. Refika Aditama. 2017.

Husnidar dkk. “Penerapan Model Pembelajaran Bernasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa”. Didaktik Matematika. Vol. 1. No. 1. DOI: http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1340/1221. April. 2018.

Kaplan, Robert M dan Dennis P sacuzzo. Pengukuran Psikologi Prinsip Penerapan dan Isu Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika. 2012.

Kunandar. Penilaian Autentik. Cet ke-4. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2015.

Kusaeni dan Suprananto. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

Mauhibah, Rohma dan Al Jupri. Ringkasan Lengkap Matematika SD. Yogyakarta: Indonesia Tera. 2012.

Moma, La. “Menumbuhkan Soft Skill Siswa dalam Pembelajaran MatematikaMelalui Pembelajaran Generatif”. Prosiding. DOI: http://eprints.uny.ac.id/10772/1/P%20-%2049.pdf.

Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.cet kesatu. Bandung: Alfabeta. 2012. Hal. 195.

Nurkancana, Wayan Dan Sunartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 1986.

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 21 Tahun 2016. Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dsar Dan Menengah. Pasal 1 Http://Bsnp-Indonesia.Org/Wp-Content/Uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.Pdf

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya. 2012.

Putra, Sitiatava Rizema. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Diva Press. 2013.

Putro, Widodo Eko. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.

Ruseffendi dkk. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1. DOI: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding-15-Januari-2014.pdf Maret 2018.

Saija, Luise M. “Analyzing The Mathematical Disposition And Its Correlation With Mathematics Achievement Of Senior High School Students”. Infinity. Vol. 1. No. 2. DOI: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/13/12.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 21 Tahun 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Dalam Laman Http://Bsnp-Indonesia.Org/Wp-Content/Uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021_Lampiran.Pdf

Sani, Ridwan Abdullah. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara. 2016.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. Metode Penelitian. Bandung: Mandar Maju. 2011.

Semiawan, Conny R. dan Fieda Mangunsong. Keluarbiasaaan Ganda Mengeksplorasi. Mengenal. Mengidentifikasi dan Menangani. Jakarta: Kencana. 2010.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. cet ketiga. Jakarta: Prenadamedia. 2015.

Solah, Ahmad. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Pergunruan Tinggi: Studikasus Empat Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Yogyakarta: Lkis. 2016.

Sudaryono. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Sudaryono. Metode Riset dIbidasng TI. Yogyakarta: Andi Offset. 2015.

Sugiono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta. 2017.

Sugiono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sukiman. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Mandiri. 2012.

Suprananto, Kusaeri. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Garaha Ilmu. 2012.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pendidikan Dan Kebudayaan . Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Pasal 31 Tahun 1945.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 Tahun 2003.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar. 2012.

P, Aanda Fuadilah. “Pengembangan Instrumen Penilaian Nontes berbasis sikap Untuk Siswa Sms/ Ma Kelas X Semester Genap Materi Pokok Hidrokarbo Dan Minyak Bumi”. Skeripsi. Yogyakarta: Pendidikan Kimia Fakultas Saian Dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. 2012.

Aulia, Wulan Sova. “Pengembnangan Sikap Toleransi Siswa Beragam Agama di SMA Negeri 8 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Dakwah dan Komunikasi UIN Sunana Kalijaga. 2017.

Darna. “Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Penilaian Sikap Peserta Didik di SDN75 Locok Kab. Enrekang”. Skripsi. Makassar: Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. 2016.

Kurniawati, Siska. “Strategi Pengembangan Sikap pada Anak Tunagrahita Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014.

Hauliyah, Siti Lailatul “Pengembangna Instrumen Enilaian Minat Pada Pemmbelajaran Kimia Sma/ Ma Kelas X Genap”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Kimia Fakultas Saian dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. 2012.

Admin Kbbi.web.id “Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI”. dalam Laman https://kbbi.kata.web.id/penilaian/

Admin kbbi.web.id. “Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI”. dalam laman https://kbbi.web.id/instrumen Admin Sosbud www.dw.com. “Rangking Pendidikan Negara-negara Asean”. dalam laman http://www.dw.com/id/rangking-pendidikan-negara-negara-asean/g-37594464

Wawancara dengan bapak Abdul Abidin. guru kelas 4 SLB N 1 Bantul Yogyakarta. di ruang media SLB N1 Bantul Yogyakarta. tanggal 01 Februari 2018 di SD SLB N 1 Bantul Yogyakarta

Wawancara dengan bapak Amiruddin Al Qodri. guru kelas 4 dan 5 SLB N 1 Kulon Progo. di ruang kelas 4 dan 5 SLB N 1 Kulon Progo Yogyakarta. tangal 02 Februari 2018.

Wawancara dengan bapak Amiruddin Al Qodri. guru kelas 4 dan 5 SLB N 1 Kulon Progo. di ruang kelas 4 dan 5 SLB N 1 Kulon Progo Yogyakarta. tangal 02 Februari 2018.

Wawancara dengan ibu Sri Wahyuni Endaryanti. guru matematika SLB A Yaketunis Yogyakarta. di ruang tamu SLB A Yaketunis Yogyakarta. tanggal 16 Januari 2018.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License