Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sebagai Upaya Optimalisasi Penerapan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Akidah Akhlak Kelas VI MI DI Kulon Progo

Authors

  • Mujadi Mujadi MI Ma’arif Dondong, Dondong, Bendungan, Wates, Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i1.172

Keywords:

Attitude Assessment, Instrument Rating, Values

Abstract

Attitude competency is one of the learning outcomes that must be mastered by students in addition to knowledge and skills competencies.. It aims, if the attitude is formed early on at the next level students already have a strong character. Armed with good and strong character students will become human beings who believe and fear God Almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens in accordance with national education goals.This study aims to develop assessment instruments that can be used to assess attitude competencies. This research is Sugiyono's research and development model. From the ten steps of Sugiyono's research and development, the steps taken in this study ended in the seventh step. This is due to the limitations of the author in conducting research.The results of the study indicate that the attitude assessment carried out by the teacher has not been well planned. Test the validity of experts shows the products produced from this study have a score of 3.73 with a very good category. The score was obtained from the average score given by expert assessment 3.76, material expert 3.72, Creed Morals MIN 2 teacher Kulon Progo 3.64 MI teacher Ma'arif Karangwuni 3.70, and MI Ma'arif Dondong teacher 3.83.

References

Alya, Qonita, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Bandung: Indahjaya Adipratama, 2008)

Arifin, Zainal, Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru, Cet. 3 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Assegaf, Abd. Rachman, Filsafat Pendidikan Islam, Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Cet. 2 (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011)

Darmansyah, Teknik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo, Jurnal Al-Ta’lim, Volume 21, Nomor 1, 2014

Khalimi, Pembelajaran Akidah dan Akhlak, Cet. I (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2009)

Knight, R. George Filsafat Pendidikan,terjem. Mahmud Arif, Cet. I (Yogyakarta:

Gama Media, 2007)

Kunandar, Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Berdasarkan Kurikulum 2013), Suatu Pendekatan Praktis, Cet.4 (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015)

Latip, Asep, Ediana Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI, Cet. I (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018)

Machali, Imam, Metode Penelitian Kuantitatif, Cet. I (Yogyakarta: Program Studi

MPI UIN Sunan Kalijaga, 2017)

Majid, Abdul,Implementasi Kurikulum 2013, Kajian Teoretis dan Praktis, Cet. I

(Bandung: Interes Media, 2014)

Menteri Agama RI, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 912

Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Kemendikbud, 2013)

____, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian (Jakarta: Kemendikbud, 2013)

____, Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah (Jakarta: Kemendikbud, 2013)

Muhammad, Hamid,Abu, Ihya Ulumudin, (Semarang: Toha Putra, ) III

Pemerintah RI, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II pasal 3

Prastowo, Andi,Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu, Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI, Cet. I (Jakarta, Prenadamedia Group, 2015)

Prihatini, Septimar, Mardapi, Djemari, Sutrisno, Jurnal Penelitian “Pengembangan Model Penilaian Akhlak Peserta Didik Madrasah Aliyah”, diunduh dari http://sjournal_uny_ac_id index_phpjpeparticleviewFile17051419

Rahim, Husni, Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja, Cet. I (Ciputat, Logos Wacana Ilmu: 2001)

Rusilowati, Ani, Makalah “Pengembangan Instrumen Nontes” disampaikan dalam Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2013, diunduh dari httpss3.amazonaws.com. academia.edu.

Sadi, Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, (Jakarta: Kementerian Agama, 2016)

Salim, Ahmad, Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah, Sebuah Konsep dan Penerapannya, (Yogyakarta, Sabda Media: 2013)

Salim, Hairus, dkk, Pendidikan Kkarakter, Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah, dan Sekolah, (Yogyakarta, LKiS: 2013)

Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Jakarta:

Kencana, 2010)

Silalahi, Albinus, Makalah “Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran” disampaikan pada seminar dan workshop Penilitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D (Bandung:Alfabeta, 2011)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2017)

Sukmadinata, Syaodih, Nana,Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2007)

Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam,Integrasi Jasmani Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Cet.VI (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014)

Tim Bina Karya Guru, Bina Akidah Akhlak untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 6, (Jakarta: Erlangga, 2008)

Widiyoko, Putro, Eko Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Cet. IX (Yogyakarta, Pustaka Pelajar:2017)

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002)

Downloads

Published

2019-06-30