Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo

Authors

  • Chafidhatul Ulum MI Muhammadiyah Selo, Kulon Progo

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169

Keywords:

Keterampilan Sosial, Peserta Didik, Pembelajaran Tematik

Abstract

Keterampilan sosial peserta didik mempunyai peran yang sangat penting dalamsebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanaketerampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V MIMuhammadiyah Selo Kulon Progo. Jenis metode penelitian ini adalah penelitiankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajarantematik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu yaitu tahap perencanaan yang meliputimengambil tema dari Kemendikbud RI, mengecek/melihat SKL, KI, KD, melakukanPemetaan KI,KD, membuat jaringan tema, menyusun silabus, dan merancang RPP,tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup,dan tahap evaluasi. Kedua, keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilanbekerja sama dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri dan keterampilan berbagipikiran dan pengalaman dengan orang lain. Ketiga, faktor pendukung pengembanganketerampilan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktorpenghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, dan distribusisumber belajar terlambat. Keempat, dampak pengembangan keterampilan sosial pesertadidik yaitu sikap disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain.

References

Azzet, Muhaimin Akhmad, Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak,

Yogyakarta: Katahati,2014.

Maryani, Enok, “ Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa”, Jurnal Penelitian, Vol.9,No.1, April 2009.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdyakarya, 2009.

Nur, M. & Rini, Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2010.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013Pendidikan Dasar dan Menengah.

Smith dan Bremer, “Teaching Social Skill”, International Center on Secondary Education and Transition Information Brief, Vol.3, Issue5, 2004.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Utomo, Hardi, “ Kontribusi soft skill dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan”, Jurnal Among Makarti , Vol.3 No.5, 2010.

Zamroni, Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi menuju Era Globalisasi),Jakarta:PSAP,2007.

Downloads

Published

2019-05-11