Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Studi Tentang Best Practice yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013

Rusman Rusman

Abstract


Penerapan kurikulum baru, yaitu implementasi Kurikulum 2013 di sekolah telah dimulai sejak bulan Juli 2013.  Implementasi Kurikulum tersebut diharapkan mendorong peningkatan kualitas manajemen dan proses pendidikan pada setiap satuan pendidikan yang mengarah pada upaya peningkatan mutu pendidikan. Dilatarbelakangi oleh adanya penerapan kurikulum 2013 yang berorientasi pada pencapaian kompetensi abad-21 dan pendidikan karakter dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0 tersebut, penelitian ini ingin mengungkap permasalahan yang berkenaan dengan "Bagaimanakah respon guru SD terhadap terhadap implementasi Kurikulum 2013 di Kota Bandung dilihat dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum 2013? dan "Best Practice" apa yang dapat dicontoh dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru SD di Kota Bandung?   Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon guru SD terhadap terhadap implementasi Kurikulum 2013 di Kota Bandung berada pada kategori positif.  Untuk kegiatan perencanaan berada pada kategori sangat positif, sedangkan untuk kegiatan pelaksanaan dan penilaian kurikulum berada pada kategori positif. Terdapat beberapa  "best practice" yang dapat dicontoh dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian  dari guru SD di Kota Bandung terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 berupa kegiatan "sharing", "hearing", "in house training", dan "modelling real teaching" yang dilaksanakan di KKG atau KKG gugus.

Keywords


Kurikulum 2013; Respon Guru; Best practice Implementasi Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2010. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Hasan, S.Hamid. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK.

Hasan, S.H. 2007. Pengembangan Kurikulum Sekolah dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marsh, C. J. 2004. Key Concepts for Understanding Curriculum, 3rd edition. Oxon: RoutledgeFalmer.

Miller, J.P & Seller Wayne. 1985, Curriculum; Perspective and Practice. London: Longman.

Ornstein, A.C. & Hunkins, F.P. 2009. Curriculum, Foundations, Principles, and Issues. Fifth Ed. Singapore: Pearson.

Pinar, W.F., & Irwin, R.L. (eds). 2005. Curriculum in a New Key: The Collected Works of Ted T. Aoki. NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Permendikbud Nomor 66 Tentang Standar Penilaian. Jakarta. Kemendikbud.

Rusman (2013) Manajemen Kurikulum. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada

Susilana. R. (2013). The Implementation of Diversified Curriculum in Elementary Schools (A Study on the Contribution of Self-Efficacy of Curriculum Development Team and Document Quality to the Implementation of Diversified Curriculum in West Java). Dissertation. Bandung: FPS UPI.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License