Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta)

Nurhidayah Eko Budi Utami

Abstract


SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan sekolah yang berbasis inklusi. Sekolah tersebut memiliki beberapa golongan siswa berkebutuhan khusus, termasuk slow learner di dalamnya. Siswa slow learner yang ada di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta merupakan salah satu siswa berkebutuhan khusus dengan jumlah yang cukup besar. Siswa slow learner tersebut belajar berdampingan dengan siswa normal dan siswa dengan kebutuhan khusus lainnya. Hal tersebut menjadikan peneliti ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai layanan yang diberikan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk menggali data tentang layanan yang diberikan guru kelas kepada siswa slow learner di sekolah inklusi. Objek dari penelitian tesis ini adalah layanan guru kelas bagi siswa slow learner di sekolah inklusi. Sedangkan subjeknya adalah guru kelas yang berjumlah lima orang. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik triangulasi data.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian layanan oleh guru kelas bagi siswa slow learner di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta yang mencakup 3 hal, yaitu modifikasi alokasi waktu, modifikasi isi atau materi, dan modifikasi proses pembelajaran sudah terlaksana. Selain itu, ditemukan juga adanya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Layanan yang diberikan oleh guru kelas belum terlaksana dengan maksimal, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa slow learner. Selain itu, belum adanya program pebelajaran individu bagi siswa slow learner.

 


Keywords


Layanan Guru Kelas; Pendidikan Dasar; Slow Learner

Full Text:

PDF

References


Abdul, dkk. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif , Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009

G. Lokanadha Reddy. “Slow Learner: Their Psychology and Instruction “. New Delhi: Discovery Publishing House, 2006: 11-15.

Nunung Apriyanto. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera, 2012.

Nur Khabibah. “Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner)”. Jurnal Didaktika, Vol. 19 No. 2, Februari 2013: 1.

Sehmawati. “Kajian Program KB 2 Anak Cukup terhadap Nilai Anak dengan Keinginan Wanita Menambah Anak”. “Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak”. Akademi Kebidanan An-Nur. Vol. 1, No. 1, Desember, 2016: 43.

Sugihartono, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007

T. Sutjihati Soemantri. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama, 2006. UUSPN Pasal 5 ayat 2




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164

Refbacks



License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License