Optimalisasi Penggunaan Kit IPA Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD)

Sigit Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penggunaan kit IPA di SD yang didasarkan atas: (1) kondisi umum sekolah, meliputi keadaan siswa dan guru, (2) kelengkapan kit IPA dan buku petunjuknya, meliputi kondisi saat diterima dan saat ini, (3) jumlah dan penggunaan kit IPA dalam pembelajaran IPA, ( 4) ftekuensi penggunaan kit IPA, (5) pengetahuan guru terhadap tujuan penggunaan kit IPA, (6) pengalaman guru mengikuti penataran, dan (7) pendapat serta pengalaman guru menggunakank it IPA dalam pembelajaran IPA.

Sampel penelitian ini adalah 8 SDN inti sewilayah Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wedung yang mendapatkan bantuan kit IPA. Karena jumlah populasi yang relatif sedikit, maka penentuan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kategori jenis penelitian survei. Data dikumpulkan melalui tiga teknik yaitu angket, observasi, dan wawancara kepada pejabat pendidikan setempat. Untuk menjamin validitas instrumen, peneliti menggunakan validitas isi sedangkan untuk menguji reliabilitasnya, peneliti menggunakan metode triangulation Data diana/isis menggunakan ana/isis diskriptif.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan kit IPA di SD belum sepenuhnya optimal yang dilihat dari: (1) kondisi umum sekolah: a) rasio an tara jumlah siswa dan kit JPA tidak memadai, b) jumlah guru sudah mencukupi namun kualifikasinya secara keseluruhan maupun yang menjadi responden belum memadai; (2) jumlah peralatan kit IPA dalam kondisi lengkap sedangkan buku petunjuknya kurang lengkap: a) kondisi kit IPA saat diterima dalam kondisi yang baik, b) kondisi kit IPA saat ini sebagian dalam kondisi rusak (45,8%); (3) kit IPA digunakan pada sebagian kecil pembelajaran IPA (54,2%), dan penggunaannya untuk kegiatan praktik kelompok masih kurang (91,7%), sedangkan untuk kegiatan demonstrasi sudah mencukupi (8,2%); (4) frekuensi penggunaan kit JPA rata-rata maksimal hanya 12 kali; (5) responden telah memahami tujuan penggunaan kit IPA; (6) hanya sebagian kecil responden yang mengikuti kegiatan penataran; (7) responden mengalami kendala-kendala dalam penggunaan kit JPA diantaranya: paket kit IPA belum mencukupi, kurangnya penataran kit IPA, dan perlu banyak waktu dalam penggunaan kit IPA, sehingga responden memberikan alternatif pemecahan masalah diantaranya: peningkatan program penyetaraan guru, penataran kit IPA, peningkatan kualitas KKG, sharing guru, dan bahan pendamping atau referensi lain (sudah terlaksana), perlu adanya bintek khususnya bagi guru IPA, peningkatan program penataran IPA, peningkatan kualitas KKG, penambahan jumlah kit IPA, dan alokasi waktu disendirikan (belum terlaksana).


Keywords


Optimization, Science Kit, Science Learning in Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Dickerson, D., et al., "Using science kits to construct content understandings in elementary schools", Education Building Norfolk, 168- 12, 10. Diakses pada tanggal 10 Januari 2009, dari http://www.ddickers@odu.edu.pdf.

Mayberry, S.C., & Henry, D.P., "Bridging the gap: teacher, science, and technology", journal of Elementary Science Education, Vol. 11, No. 1 (Spring 1999), pp. 17-22. Diakses pada tanggal10 Januari 2009, dari http:/ /cczerni@uoft02.utoledo.edu. Ray, W.J., Methods toward a science of behavior and experience, Wadsworth: Thomson learning, 2003.

Strange, J.H., Gareis, C.R., & Little, C.A., Teacher pay & teacher quality: Attracting, developing, & retaining the best teachers, California: Corwin Press, 2006.

Subijanto, Studi tentang penggunaan alat IPA sekolah dasar di Kecamatan Banjar Utara dan Timur Kota Madya Banjarmasin, Diakses pada tanggal 20 Agustus 2007, dari http://www.Depdiknas.go.id.

Sukardi, Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v3i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id