Pendidikan Karakter Pada Materi PAI Dalam Pembentukan Manusia Berkualitas

Masturin Masturin

Abstract


Visi Pendidikan nasional diorientasikan pada terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa guna memberdayakan semua warga negara Indonesia. Diharapkan manusia Indonesia berkembang dan berkualitas sehingga mampu menjawab tantang zaman yang telah semakin maju. Di era globalisasi ini telah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi yang berada di tengah-tengah derasnya arus informasi yang sedemikian bebas. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, peran guru dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mengantarkan generasi muda yang berkarakter kebangsaan. Agenda terpenting dalam konteks pembinaan karakter bangsa adalah adanya reformasi kolektifterhadap komponen-komponen bangsa untuk sanggup melakukan pergantian atau changes setelah menjalani setiap proses pembelajaran.


Keywords


karakter, PAl, manusia berkualitas

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial. Dalam Usa, M. & Widjan, A. (Eds), Perspektif "Ink and Macth" Lembaga Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan Agama Islam, Rekonstruksi Atas Tinjauan Metodologis Pembudayaa Nilai Keagamaan, Yogyakarta: Aditya & FAI. UII, 1997.

Azra, A., Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru,

Jakarta: Logos, 1992.

Baidhawy, Z., Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Blornrn, B.S., Taxonomi of Educational Objectives: Cognitive Domain, New York: David Mc. Kay, 1964.

Daradjat, Z., Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1993.

Depag, Pedoman Umum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktur Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Fadjar, M., Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Joseph Zins, et.al, Emotional Intelligence and School Success, London, 2001.

Marvin Berkowitz. buletin, Character Educator, yang diterbitkan oleh Character Education Partnership. University of Missouri- St. Louis.

Nurokhim Bambang, "Membangun Karakter dan Watak Bangsa Melalui Pendidikan Mutlak Diperlukan", 2009.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendiknas, Standar lsi dan Standar Kompetensi Lulusan, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Porter Michael, Daya Saing sebuah Bangsa (The Competitiveness of A Nation), 1999.

Rahmat Efendi, "Peran Pemerintah dalam Penyediaan Fasilitas untuk

Membangun Karakter Bangsa", 2009.

Suparno, P, et.al, Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Tilaar, H.A.R., Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.

Tilaar, H.A.R., Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo, 2002.

Yaqin, A., Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural Understanding Demokrasi. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.

Zamroni, Pendidik untuk Demokrasi: Tantangan Menuju Civil Society, Jogjakarta: Bigraf Publishing, 2001.

Zuhairini, et.al, Metodik Khusus PendidikanAgama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License