Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah

Maemonah Maemonah

Abstract


Implementasi pendidikan karakter di madrasah atau sekolah "include" dengan
mata pelajaran lain perlu diimplementasikan dengan materi-materi pembelajaran
yang relevan, baik evaluasi atupun metode pendekatan pembelajarannya. Selain
pendidikan formal, pendidikan karakter dibangun secara terus menerus sepanjang
hayat masih ada (long live education). Sebab, karakter sesungguhnya menjadi
bagian dari ruh kehidupan itu sendiri. Jadi, hidup tanpa karakter bagaikan hidup
tanpa ruh. Implementasi pendidikan karakter di sekolah selama ini baru terbatas
pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, belum sampai pada tingkatan
internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter
dibangun oleh tiga pihak secara sinergis, yaitu pertama, orang tua, kedua satuan
lembaga pendidikan dan ketiga, masyarakat. Pendekatan yang digunakan hendaknya komprehenshif.


Keywords


Implementasi, pendidikan karakter, pendekatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anderson. DR, "Character Education: Who is Responsible", Journal of

International Psychology, 27 (3), 2000.

Buchori, Mochtar, Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Corey, Gerald, Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi (tetj), Bandung: Revika Aditama, 2009.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Drost, J., Dari KBK sampai MBS, Jakarta: Kompas, 2006.

Hall, Hellen C, "Teacher's Attitudes toward Character Education and Inclusion in Family and Consumer Sciences Education Curriculum", dalamJournal of Family and Consumers Sciences Education vol. 21, No. 1, Tahun 2003,hlm. 11-17, 2003.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung; Rosdakarya, 2006.

Hidayat, Komaruddin, Reinventing Indonesia: Menemukan Kembali Masa Depan Bangsa1 Jakarta: Kompas, 2006.

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 1980.

Lickona, Thomas, Educating for Character, New York: Bantam Book, 1991.

Karli, Hilda, 3 H dalam KurikulumBerbasis Kompetensi, Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Gresindo, 2007.

__________. Pendidikan Karakter, Jakarta: Gresindo.

Mulyana, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteistik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2007.

Olivia, Peter F.Developing the Curriculum, Boston: Brown and Company, 1982.

Sanfrock, John, Psikologi Pendidikan, pent. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana, 2007.

Satmoko, RS, Psikologi Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1999.

Sumantri, Mulyani, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Proyek LPK, 1988.

Supamo, Paul, Filsafat Konstruktifisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 2006.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License