Kepemimpinan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa

Authors

  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.148

Keywords:

Guru, Kepemimpinan, Model, Karakter

Abstract

Lembaga pendidikan sekolah memegang peran yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan karakter siswa. Sekolah menjadi sarana diseminasi nilai-nilai kebajikan (virtues) yang inungkin belum dilakukan di keluarga atau di masyarakat. Seluruh pengalaman yang dijumpai anak selama di sekolah adalah kurikulum yang sangat efektif dalam membentuk kepribadian mereka. Apalagi pada taraf perkembangan anak usia dini dan dasar yang masih pada tahap operasional konkret, mereka akan banyak be/ajar pada apa yang mereka lihat. Dengan perilaku imitatif tersebut, maka peran model guru sebagai seorang pendidik amat mutlak dilakukan. Maka tugas seorang guru adalah bagaimana berperan menjadi model teladan nilai sekaligus mampu menciptakan sus as ana kelas dan sekolah yang kondusif sebagai bentuk penguatan (reinforcement) bagi tumbuh kembangnya karakter yang baik pada siswa.

References

Balitbang Kemendiknas, 2010. Buku lnduk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025.

Koesoema, D. 2011. Pendidikan Karakter: Strategi Global Mendidik

Anak di Zaman Global. Jakarta: Kompas Gramedia.

Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character, Mendidik untuk Membentuk Karakter Terj.. Jakarta: Bumi Aksara.

Osguthorpe, Richard D .. (2008). On the Reasons We Want Teachers of Good Disposition and Moral Character. Journal of Teacher Education, VoL 59, No. 4, 288-299.

Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun I, Nomor 1, Oktober 2011.

Tillman, Diane & Colomina, Pilar Quera. 2004. LVEP Educator Training Guide, Terj. LVEP Panduan Pelatihan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo.

Zuchdi, D. 2011. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi: Dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta:

UNYPress.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads