Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam Dalam Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah

Khamidah Nuning

Abstract


Setiap anak Indonesia berhak terhadap pendidikan yang mengembangkan karakter dengan baik. Karena dengan pendidikan karakter, pendidikan bukan hanya menghasilkan anak-anak yang cerdas juga anak yang mempunyai budi pekerti luhur. Sekolah akan berkembang maju bila semua warga sekolah terlibat secara aktif untuk saling membantu. Pihak sekolah dan orangtua harus memiliki visi sama, sebab semua me-miliki tanggungjawab bersama untuk mengarahkan anak-anak. Orang tua adalah bagian terpenting dalam proses pendidikan karakter anak. Semua pihak sating bahu-membahu menciptakan iklim sekolah yang kondusif, agar penerapan pendidikan karakter dapat berjalan dengan optimal. Harapannya nilai-nilai utama itu dapat dipraktikkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memudahkan pendidikan
karakter ada berbagai teknik yang digunakan diantaranya penguatan positif, ber:cerita hingga kegiatan kelompok dan lain-lain.

Keywords


Pendidikan, Karakter

Full Text:

PDF

References


A., Doni Koesoema, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Kompas Gramedia, 2012.

Al-Qur 'an Al-Karim dan Terjemah Bahasa Indonesia (Ayat Pojok),

Grafindo Persada, 2008.

http:/ /tiriztea.wordpress.com/20 10/08/1817 -tokoh-ilmuwan-matematika-islaml diakses tanggal12 januari 2013Muhaimin, dkk., Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Toshihiko Izutsu, Konsep Kepercayaan dalam Teologi Islam: Analisis Sematik Iman dan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1994.

Yunahar Ilyas, Kuliah Aqidah Islam, Yogyakarta: LPPI, 2006.

Zakiah Daradjat, llmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2010.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License