Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas)

Purniadi Putra

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, di antaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak memiliki peran besar dalam

penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabuaten Sambas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter adalah dengan mendesain perencanaan pembelajaran dengan melibatkan media, (2) penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa yang dilakukan telah mengacu pada tata tertib maupun aturan yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam setiap kegiatan atau proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan dasar/MI, (3) evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak biasanya berupa ujian tugas dari guru, ulangan harian, nilai UTS dan ulangan UAS siawa. Penyampaian pembelajaran Aqidah akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang diterapkan oleh guru mata pelajaran dari masing lokasi penelitian tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI

Keywords


Character Education, Learning Aqidah Morals in MI

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin, Abdil Hamid al-Atsari, Panduan Aqidah Lengkap, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005.

Aly, Hery Noer dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta Utara: Friska Agung Insani, cet, III, 2008.

Azzet, Akhmad Muhaimin, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2001.

Kesuma, Dharma dkk, Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Marzuki, Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah, Yogyakarta: FIS Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Muhaimin, dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Mujib, Abd, Muhaimin Tadjab, Dimensi-Dimensi Studi Islam, Surabaya: Karya Abditama,1994.

Parsons, Les, Bullied Teacher Bullied Student, terj. Grace Worang, Jakarta: Grasindo, 2009.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, M.S., Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya, 2007.

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id