Implementasi Kurikulum Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Di SDIT Internasional Luqman Hakim Yogyakarta

Laelatu Rohmah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan alokasi penelitian di SDIT Lukman Hakim Internasional Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan siklus reduksi data, display data, dan verifikasilkesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) Living Skills adalah keterampilan yang di butuhkan untuk beradaptasi dalam kehidupan sehari-hari: (2) Learning- skills adalah keterampilan yang digunakan agar selalu mengembangkan diri melalui proses be/ajar yang berkelanjutan; (3) Thinking skills adalah keterampilan yang dibutuhkan pada saat berpikir untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari. Implementasi kurikulum berbasis ESD dan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangs a tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. Guru dan sekolah mengintegrasikan nilai-nilai yang dikembangkan tersebut kedalam kurikulum, silabus dan RPP.

Keywords


kunci:Kurikulum, ESD, SDIT Intemasional Lukman Hakim

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zain, Fenomena Anak di Bawah Umur melanggar Hukum, dalam http://edukasi.kompasiana.com/20 12/02/18/stop-fenomena-anak-di-bawah-umur-melanggar hukurnl, 2012, hlm 1. http:/ /www.slideshare.net/mufangreen/apa-itu-efsd-8753 018/ download.

Ali, Muhammad, Pendidikan untuk Pembangunan Nasional, Bandung: 2009.

Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Hastuti, Budi Sri, Pendidikan Untuk Pengembangan Berkelanjutan (Education For Sustainable Development) Dalam Perspektif PNFJ (lmplementasi EJSD pada Program PNFJ) dalam jurnal Androgogia Nopember 2009. Diunduh dari EFSD_ httpandragogia. p2pnfisemarang.orgwp-contentuploads 2010 11 andragogia 1_3. Pdf

Karsidi, Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, PT Imperial Bhakti Utama, 2009.

PP No 19 Tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License