Penerapan Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah DIY

Authors

  • Fitri Yuliawati Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i2.137

Keywords:

Pendidikan karakter, Sains, MI/SD.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survai yang tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang terintegrasi untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran sa ins di MI se-DIY. Pengambikm sampel dilakukan dengan teknik stratified purpossive sampling. Teknik pengambilan data melalui observasi, pengisian angket, wawancara mendalam,  Character building yang terintegrasi dalam pembelajaran sa ins di MI di DIY dilakukan melalui pemberian tugas rumah, kegiatan praktikum, kerja kelompok, melalui dongeng atau cerita pendek, disisipkan pada pelajaran, dan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari yang biasa dilakukan anak.

References

Herlianti, Yanti, Development ofvalue education though stories based on science: How to integrate value and science in basic school? Proceeding ofThe First Seminar International on Matematics and Science Educatio, Faculty of Tarbiyah and Teacher's Training, Islamic State University Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008.

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter yang Membebaskan. Jakarta:

Krischenbaum, H., 100 Enhance Values and Morality in Schools and

Lickona, Thomas, Educating for Character How Our School can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1991.

Matta, M. Anis, Membentuk Karakter Cara Islam, Jakarta: AI-I'tishom Cahaya Umat, 2003.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2004.

Rohandi, R., Memberdayakan Anak melalui Pendidikan IPA, PT Grasindo, 2007.

Makalah, Dalam buku kumpulan tulisan, Pendidikan Sains yang Humanistis, Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Suprapto, Pendidikan karakter - Isu dan Prioritas yang Terabaikan, 2007. http:// supraptojielwongsolo.wordpress.com/2008/05/24/ pendidikan-karakter-isu-dan-prioritas-yang-terabaikan/, diakses tanggal 16 Mei 2011 jam 10.35 WIB

William, Russel T. dan Ratna Megawangi, Kecerdasan plus karakter, 2007. Dari http ://ihf-org.tripod.com/pustaka/KecerdasanPlusKarakter.htm, diakses tanggal16 Mei 2011 jam 10.35 WIB.

Youth Setting 2nd Edition, Boston: A Longwood Profesional Book, 1994.

Zuhcdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads