Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran Perkalian di Kelas II SD/MI

Authors

  • Endang Sulistyowati Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v6i2.135

Keywords:

matematika, perkalian, permainan

Abstract

Internasional belum dapat dikatakan baik. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Selama ini masih banyak guru mengajar dengan cara konvensional, metode mengajar tidak sesuai dengan perkembangan psikologis dankognitif siswa, dan pembelajaran matematika kurang memberikan kegembiraan dan kreativitas. Pada pembelajaran matematika materi perkalian di kelas II SDIMI dapat digunakan permainan "mangkuk dan permen" untuk penanaman konsep perkalian, dan dilanjutkanpermainan puzzle, permainan perkalian merah putih, dan permainan ular tangga untuk melatih ketrampilan berhitung perkalian.

References

Gravemeijer, Koeno, Developing Realistic Mathematics Education, Utrecht: Freudental Institute, 1994.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Hurlock, Elizabeth B, (Hak cipta dalam bahasa Inggris 1978) Perkembangan Anak, edisi 6, Jakarta: Erlangga.

Kompas, Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun, http://edukasi.kompas.com/read/ 2012112/14/09005434, diposting 14 Desember 2012, diakses 1 Mei 2013.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Marpaung, Y, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, (PMRI), Makalah, disampaikan pada pelatihan guru-guru SD/MI kelas I-III, pada 2 Oktober 2009.

Musser, G, L & Peterson, B, E, 2011, Mathematics for Elementary Teachers, a Contemporary Approach, 9th edition, USA: John Willey & Sons, Inc, Puspendik, Survei Internasional TIMSS, http://litbang,kemdikbud,go,id/index,php/survei-intemasionaltimss, diakses 1 Mei 2013.

Santrock, John W, Psikologi Pendidikan, edisi 2, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2007.

Suherman, Erman dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003.

Wijaya, Ariyadi, Pendidikan Matematika Realistik, Yogyakarta: Grahal lmu, 2012.

Downloads