Karakter Pemimpin, Kajian Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013

Authors

  • Asnafiyah Asnafiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.134

Keywords:

Karakter, Pemimpin, Tematik, Kurikulum 2013

Abstract

Rakyat Indonesia mengharapkan pimpinan yang mempunyai karakter baik dan kuat agar dapat mewujudkan cita-cita hidup bernegara Indonesia yakni masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Bercermin pada karakter para pemimpin-pemimpin bangsa Indonesia seperti ditulis dalam buku tematik kelas 4 SD/MI, bangsa Indonesia akan dapat bangkit kembali untuk mewujudkan kejayaan, kemakmuran yang pernah dirasakan pada mas a lampau. Menjunjung nilai kejujuran, kepercayaan, pengabdian, keberanian sebagaimana ditunjukkan pemimpin Indonesia harus menjadi karakter setiap Warga Negara Indonesia. Karakter tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

References

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual ESQ, Penerbit Arga, Jakarta: 2002. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pahlawanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SDIMI Kelas IV, Jakarta: 2013.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pahlawanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI Kelas IV, Jakarta: 2013.

Haekal, Sejarah Hidup Muhammad, Litera Antar Nusa, Jakarta: 2000.

Muhammad Syafii Antonio, Muhammad SAW The Super Leader Super Manager, Penerbit Tazkia Multimedia, Jakarta: 2008. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.

Permendikbud Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads