Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen

Authors

  • Nur Afni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • M. Agung Rokhimawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129

Keywords:

PISA, Kemampuan Literasi Sains, MIN Tanuraksan Kebumen

Abstract

Hasil survei terbaru Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2015 terhadap kemampuan literasi sains di Indonesia sangat memprihatinkan. Indonesia memperoleh nilai rata-rata skor 493 dan berada di peringkat 62 dari 70 negara anggota. Meskipun demikian, kemampuan literasi sains pada jenjang madrasah ibtidaiyah belum tercakup dalam survey tersebut. Karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan literasi sains peserta didik pada jenjang madrasah ibtidaiyah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah di validasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris keterpakaian menggunakan program Anates V-4. Populasinya yakni peserta didik kelas V MIN Tanuraksan. Analisis data yang digunakan yakni dengan statiska deskriptif. Menurut PISA, literasi sains memiliki tiga dimensi yakni dimensi konteks, dimensi proses dan dimensi sikap. Mengacu pada tiga dimensi tersebut, hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik MIN Tanuraksan menunjukkan skor dengan kategori tinggi dengan presentase 62,16%.

References

Ardianto, Didit, and Bibin Rubini, “LITERASI SAINS DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE SHARED”, Unnes Science Education Journal 5, no. 1 (February 29, 2016), https://doi.org/10.15294/ usej.v5i1.9650.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Peringkat Dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan,” Desember 2016. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dancapaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan.

Dewi, Pramita Sylvia, and Diana Rochintaniawati, “KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU PADA TEMA GLOBAL WARMING”, EDUSAINS 8, no. 1 (June 27, 2016): 18–26, https://doi.org/10.15408/ es.v8i1.1564.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, “Ingin Mengetahui Profil Lembaga Pendidikan Islam?” EMIS, 2016. http:// emispendis.kemenag.go.id/emis2016v1/.

Hayat, Bahrul, and Sujendra Yusufm, Benchmark Intenational Mutu Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Hilman, Irfan, and Sud Zakiah Dewi, “Mungkinkah Membangun Literasi Sains di SD/MI Dengan Kompetensi Guru di Indonesia?” In Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi Sains, 2:39–44, Bandung: Sekolah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

Izwadi, Hazrul, “Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis”, Desember 2016, http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Sekelumitdari-Hasil-PISA-2015-yang-Baru-Dirilis.html.

Miharja, Fuad Jaya, “Literasi Islam & Literasi Sains Sebagai Penjamin Mutu Kualitas Manusia Indonesia Di Era Globalisasi.” In Prosiding Seminar Nasional II Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi Dengan Pusat Studi Lingkungan Dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 1010–18. Malang: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, 2016.

MIN Tanuraksan, “Dokumentasi Prestasi MIN Tanuraksan TA-2015-2017”, Kebumen, Jawa Tengah: MIN Tanuraksan, 2017.

National Research Council, National Science Education Standards, Washington, DC: the National Academy Press, 1996.

OECD, PISA 2015 Result: Student On Line, Vol. VI, Perancis: OECD Publishing, 2015.

Rohandi, R., Memberdayakan Anak Melalui Pendidikan Sains-Pendidikan Sains Yang Humanistis, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Samatowa, Usman, Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, Jakarta: Indels, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Supriyono, Wawancara dengan Guru Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen, April 16, 2018.

Sutisnawati, Astri, “Penerapan Literasi Sains Di Sekolah Dasar”, In Membangun Imajinasi Dan Kreativitas Anak Melalui Literasi, 2:67–78, Bandung: Sekolah Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and H. Andrian Rustaman, Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Bandung: Humaniora, 2011.

Downloads