Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota

Ika Nur Harini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi membaca peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota. Penelitian kuantitatif noneksperimen dengan metode kuantitatif deskripstif dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan penentuan sampel menggunkan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas IV A sebagai sampel. Instrumen tes yang digunakan adalah tes PIRLS Framework yang bersifat internasional dan tes buatan penulis serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi membaca dari aspek tujuan membaca dan proses pemahaman terbagi menjadi 5 kriteria, yaitu terdapat 10 peserta didik yang memperoleh kriteria A, 10 peserta didik dengan kriteria B, 3 peserta didik dengan kriteria C, 3 peserta didik dengan Kriteria D, dan 5 peserta didik dengan kriteria E. Kemudian untuk rata-rata persentasenya adalah 67 dengan kriteria B yaitu tinggi.

Keywords


Tingkat Literasi Membaca, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Admin MEP News, “Bantul Cerdas, Tapi Minat Baca Minim”, MEPNEWS.ID, 9 Maret 2017, http://mepnews.id/2017/03/09/bantul-cerdas-tapi-minat-bacaminim/.

Aminah (Ed.), Andi Nur, “Literasi Indonesia Sangat Rendah”, Republika Online, 15 Desember 2014, https://republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-literasi-indonesia-sangat-rendah.

Gewati, Mikhael, “Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia”, KOMPAS.com, 29 Agustus 2016, https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/ minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia.

Jurnalis Okezone, “Pelajar di DIY Memiliki Minat Baca Tinggi: Okezone News”, https://news.okezone.com/, Diakses 1 Agustus 2018, https://news.okezone. com/read/2016/09/03/65/1480357/pelajar-di-diy-memiliki-minat-bacatinggi.

Wahyuni, Sri, “Menumbuh Kembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat”, Diksi 16, no. 2 (2009), https://journal.uny.ac.id/ index.php/diksi/article/view/6617.

Widayanti, Wahyu, Wawancara dengan Pustakawan di Ruang Perpustakaan SD Muhammadiyah Bantul Kota, Agustus 2017.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

This work for Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License