Kreativitas Guru Pembelajaran Sains Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tingkat Dasar

Dian Noviar

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-postfacto kausal komparatif, dan bertujuan mengungkapkan perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran sains terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif dan afektif. Sampel penelitian ini adalah 5 guru sains biologi kelas VII dari 4 sekolah menengah pertama di Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, DIY. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif pada kategori kurang baik, hasil belajar peserta didik pada aspek afektifpada kategori cukup baik. Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan tingkat kreativitas guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata hasil belajar kognitif dan aspek afektif peserta didik.

Keywords


Kreativitas, Guru, Hasil Belajar, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


David, Teaching Science in Elementary and Middle Schools, America: McKay Company. Inc, 1974.

Freeman, D., Doing Teacher Research, Canada: Heinle & Heinle Publishers, 1998.

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Shallcross, D. J., Teaching Creative Behavior, New Jersey: Prentice-Hall.Inc, 1981.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Suyanto & Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i2.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License