Optimalisasi Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Kreativitas di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Widya Pratiwi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Majenang

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.119

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Model Discovery-Inquiry, Kreativitas.

Abstract

Pendidikan dalam jangka panjang adalah faktor tunggal paling menentukan melebarnya jurang kesenjangan, oleh karena itu investasi dalam bidang pendidikan adalah cara logis untuk menghilangkan kesenjangan tersebut. Saat ini pengembangan Kurikulum 2013 sudah memasuki tahap implementasi. Pendekatan Saintifik adalah salah satu cara dalam mencapai tujuan kurikulum 2013. Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk mempercepat pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Tetapi masih banyak ditemukan proses pembelajaran belum menjadi sarana untuk memberdayakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik karena masih bersifat teacher centered, sehingga guru mendominasi di kelas. Rendahnya berpikir kreatif peserta didik ditunjukkan dengan jawaban yang diberikan terpaku pada jawaban-jawaban yang ada di buku sehingga peserta didik hanya menghafalkan jawaban di buku dan kurang memahami makna jawaban yang di sebutkan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat. Sejalan dengan itu, model pembelajaran discovery-inquiry merupakan model yang cocok diterapkan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah.

References

Dyer, J, H et al, The Innovator’s DNA, USA: Harvard Business Review press, 2011, Hal. 17-133.

Fauziyah, N,”Analisis kemampuan guru dalam mengembangkan ketrampilan berfikir kreatif siswa dasar kelas V pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam”. UPI. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Volume 3 No. 1.Fullan, I, M, G, 2001, The New Meaning of Educational Change,London: RoutledgeFalmer.

Karim J, Nasr, C, Duane Thomas, “Student-centered, Conceptembedded Problem-based Engineering Thermodynamics”. International Journal Engineering Education, Volume 20 No. 4, 2004.

Kemdikbud, Pendekatan Saintifik (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik, 2013b.

Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis, Bandung: Bumi Aksara. 2010.

Nana S Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan praktek.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Puccio, G, J (Ed.), Creativity on Demand: Historical Approaches and Future Trends, New York: Cambridge University Press, 2010.

Russ, S, W, “Play and Creativity: Developmental Issues”, Scandinavian Journal of Educational Research, Volume 47 No. 3, 2012.

Sharp, C, “Developing Young Children’s Creativity through the Arts: What Does Research Have to Offer?” InvitationalSeminardi Chadwick Street Recreation Centre, London, 14 Februari, 2001.

Suciati, Belajar dan Pembelajaran 2,Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Downloads

Published

2018-12-09