Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) dalam Mewujudkan Sekolah Mandiri Di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta

Nurhidayah Nurhidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SD Muh Karangkajen, 2) Mengetahui iklim sekolah di SD Muh Karangkajen, 3) Mengetahui otonomi sekolah di SD Muh Karangkajen.

Jenis penelitian ini adalah deskripsi secara kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara, studi pustaka, dokumentasi dan observasi tentang implementasi MBS di SD Muh Karangkajen. Narasumber ditetapkan dengan metode purposive sampling. Objek penelitian adalah SD Muh Karangkajen dan subjek penelitian adalah seluruh warga sekolah dan masyarakat. Teknik analisis data memakai metode induktif dan komparatif.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  a)  Manajemen  berbasis  sekolah  di  SD Muhammadiyah Karangkajen memiliki karakteristik yang khusus di antaranya yaitu kepemimpinan sekolah yang dalam bertindak/ menjalankan tugas kepala Sekolah di SD Muh Karangkajen bertindak sangat arif, bijaksana, adil dan visioner; dalam pengoptimalan pelaksanaan kultur sekolah di antaranya adalah penanaman budaya disiplin; pelaksanaan kegiatan keagamaan secara rutin, pelaksanaan pembelajaran Aktif,  Kreatif,  Efektif  dan  Menyenangkan  (PAKEM);  Upaya  sekolah  dalam melaksanakan otonomi sekolah di antaranya adalah manajemen tenaga pendidik, manajemen siswa, manajemen kurikulum. b) Manajemen Berbasis Sekolah yang ada di SD Muh Karangkajen dapat membangun standar kompetensi guru, pengembangan kurikulum melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. c) Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Muhammadiyah Karangkajen merupakan langkah pengelola sekolah dalam membangun kemandirian dalam beberapa bidang, yaitu bidang pengadaan tenaga kependidikan, pengembangan kurikulum sekolah.


Keywords


Implementasi; Managemen Berbasis Sekolah; Sekolah Mandiri

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional Menengah. 2002, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Rencana dan Program pelaksanaan Buku 1-4,(Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama).

Mulyasa, Manajemen berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Grasindo, 2005.

Slamet P.H. “Manajemen Berbasis Sekolah.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 27 Tahun 2001. http://www.pdk.go.id/jurnal-27/manajemen-berbasis-sekolah.htm

Solikin, Achmad, Manajemen Berbasis Sekolah(MBS): Sebuah Peluang dan tantangan dalam mengembangkan sekolah mandiri (Studi Kasus di SDMCC), 2010.

Sudiono dkk. Menciptakan Masyarakat Peduli Pendidikan Anak Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Peningkatan mutu pendidikan dasar melalui Manajemen Berbasis Sekolah dan Peran Serta masyarakat. Paket Pelatihan awal untuk Sekolah dan Masyarakat.(Jakarta: Pemerintah Indonesia, UNESCO, UNICEF dan NZAID).

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2007.

Undang-undang No 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah.Winarno Surakhmad,Ilmu Kependidikan untuk Pembangunan.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo, 2002.

Zamroni, Kultur sekolah, Yogyakarta: Gavin Kalam Utama, 2016.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License