Kontribusi Lingkungan Keluarga dalam Membangun Perilaku Seksual Anak Usia Dasar

Askina Nurani Syams

Abstract


Perilaku seksual merupakan segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang secara alami dimiliki oleh masing-masing manusia. Namun adanya pengaruh dari berbagai lingkungan terhadap perilaku seksual anak, membuat masing-masing anak memiliki perilaku seksual yang berbeda-beda. Salah satu lingkungan yang berperan besar dalam memberikan kontribusi bagi perilaku seksual anak adalah lingkungan keluarga. Kontribusi keluarga dalam membangun perilaku seksual anak dapat dilakukan dalam bentuk: (1) Pemberian pendidikan seks bagi anak (2) Pengawasan orang tua terhadap perilaku seks anak dan (3) Perhatian orang tua terhadap kegiatan anak. Dengan memperhatikan 3 hal tersebut, perilaku seksual anak dapat dijaga sejak dini dan dapat mencegah perilaku-perilaku seksual yang seharusnya belum terjadi pada usia anak dasar.


Keywords


Perilaku seksual merupakan segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang secara alami dimiliki oleh masing-masing manusia. Namun adanya pengaruh dari berbagai lingkungan terhadap perilaku seksual anak, membuat masing-masing anak memiliki per

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Andrews, Gilly, Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita, Jakarta: EGC, 2009.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam cet. VII, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Feist, Jess, Teori Kepribadian, Jakarta: Salemba, 2010.

H, Khairuddin, Sosiologi Keluarga, Yogyakarta: Nur Cahaya, 1985.

Idi, Abdullah, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Istiningsih, dk, Ekologi Pendidikan,Deskripsi HKI C 00201500053, 2015.

Kabar Nusa,LPA Bali Sebut Jembrana Masuk Zona Kuning Kasus Perlindungan Anak, dalam http://www.kabarnusa.com/2015/11/lpa-bali-sebut-jembranamasuk-zona.html (22 November 2015).

Kirkendall, Lester A, Anak dan Masalah Seks, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.

Lestari, Sri, Sosiologi Keluarga, Jakarta: Kencana, 2012.

Masland, Robert P, Apa yang Ingin Diketahui Remaja tentang Seks, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Miharso, Mantep, Pendidikan Keluarga Qur’ani, Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2004.

Notosoedirdjo, Moeljono dan Latipun, Kesehatan Mental Edisi Keempat, Cetakan Keenam, Malang: UMM Press, 2011.

Nurseno, Theory and Application of Sociology, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2011.

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, Pengertian Seks dan Seksualitas, dalamhttp://pkbi-diy.info/page id=327.

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2011.

Qibtiyah,Alimatul, Paradigma Pendidikan Seksualitas: Perspektif Islam: Teori dan Praktek, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2006.

Salkind, Neil J, Teori-Teori Perkembangan Manusia: Sejarah Kemunculan, Konsep Dasar, Analisis Komparatif, dan Aplikasi, Bandung: Nusa Media, 2009.

Sarwono, Sarlito W, Psikologi Remaja, Jakarta: Grafindo Persada, 2003.

Sarwono, Sarlito W, Psikologi Remaja, Jakarta: Grafindo Persada, 2007.

Setiono, Kusdwiratri, Psikologi Keluarga, Bandung: Alumni, 2011.

Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Ulwan, Abdullah Nashih, Pendidikan Anak Menurut Islam: Pendidikan Seks, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Wuryani D, Sri Esti, Pendidikan Seks Keluarga, Jakarta: Indeks, 2008.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License