Penggunaan Pendekatan Learning By Playing pada Pembelajaran Sains MI/SD

Authors

  • Siti Fatonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v1i1.11

Keywords:

learning by playing, kids, learning

Abstract

Usia anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia pada umumnya berkisar antara 6-12 tahun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitif yang dikemukakan oleh Piaget termasuk dalam fase operasional konkrit, dimana aspek berfikir siswa cenderung pada hal-hal yang konkrit. Anak juga masih senang bermain,  karena bermain           adalah suatu kebutuhan bagi anak. Sesuai dengan kondisi psikologis anak dan kondisi fisik anak yang  masih  dalam pertumbuhan, maka  rancangan pembelajaran yang  disusun dengan bermain,  membuat anak belajar sesuai  dengan  tuntutan  taraf perkembanganya. Oleh karena itu pendekatan learning by playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD / MI, karena didasari aspek psikologi siswa yang masih senang bergerak dan aspek berfikirnya yang cenderungpada hal-halyang konkrit.

References

Anonim, Al-Qur'an dan Terjemahanya, Semarang: PT Karya Toha Putra, 1999.

Anonim, Kurikulum Pendidikan Dasar: GBPP IPA-SD, Jakarta: Depdikbud, 2004.

Anonim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY, 1995.

AS, Darwis, Teori dan Praktek Pengajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 1979.

Crow and Crow. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin. 1994.

Djamaroh, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan , Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Galib, La Maronta, Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran Sains di Sekolah, wWW. depdiknas.com, 2005.

Hopper, Eric, Learning By Playing Around, www.instituteforplay.com, 2003.

Mohammad Amien, Hakikat Sains, FMIPA UNY.

Mudlofier, Teknologi Instruksional, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.

Nurdin Ibrahim, Hubungan Tempat Tutorial Tatap Muka dengan Hasil Belajar siswa SLTP Terbuka. www.pustekom.go.id.

Rifai, Veithzal, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Belajar Mahasiswa, Jakarta: STIE Ganesha, 1999.

Rustaman, Nuryani Y, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UPI, 2003.

S.D, I Nyoman, Ilmu Pengqjaran: Taksonomi Variabel, Jakarta: Ditjend Dikti Depdiknas, 1989.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Semiawan, Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar), Jakarta: PT Prenallindo, 2002.

Sudarmastuti, Skripsi, Analisis lsi Naskah Buku Biologi SLTP untuk Kelas I Kaitannya dengan Proses Sains dan Perkembangan Mental Anak, Yogyakarta: FMIPA UNY, 1998.

Sudono, Anggrani, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.

Suhardi, Landasan Pengembangan Model Buku Pelajaran Mata Pelajaran Sains, Yogyakarta: FPMIPA UNY, 2002.

Tejasaputra, Mayke S, Bermain, Mainan, dan Permaina,. Jakarta: Grasindo, 2001.

L., Zulkifli, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Downloads

Published

2018-12-07