Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Abdul Aziz Saefudin

Abstract


Pengembangan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI karena adanya prinsip dan karakteristik PMRI yang diterapkan dalam pembelajaran. Salah satu prinsipnya yaitu penemuan kembali suatu konsep matematika memungkinkan siswa untuk mengalami sendiri penemuan konsep tersebut. Salah satu karakteristiknya yaitu pemodelan dalam pemecahan masalah matematika juga memungkinkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan prinsip dan karakteristik PMRI tersebut, dimungkinkan siswa melakukan aktivitas-aktivitas kreatif dalam pemecahan masalah matematika, terutama masalah matematika terbuka.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, pendekatan PMRI.


Keywords


the ability to think creatively, (PMRI approach)

Full Text:

PDF

References


Abdulah Sugeng Triyuwono, “Perbandingan antara Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP/MTs yang berasal dari SD/MI yang Menerapkan PMRI dan SD/MI yang Tidak Menerapkan PMRI”, Tesis tidak diterbitkan, Surakarta: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika UNS Surakarta, 2009.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

BSNP, Standar lsi dan Standar Kompetensi Lulusan SD/MI, Jakarta: Kemendiknas, 2006.

Campbell, Mengembangkan Kreativitas, disadur oleh A. M. Mangunhardja. Yogyakarta: Pustaka Kaum Muda, 1896.

Dhoruri, Atmini, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), http:// staff.uny.ac.id/ .. ./ ... [30 Mei 2012], 2010.

Krulik, Stephen, dan Rudnick, Jesse A, The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School. Massachusetts: Allyn & Bacon, 1995.

Marpaung, Y, “Karakteristik PMRJ (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia)”, Makalah, Mata Kuliah Problematika Pembelajaran Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana UNS Surakarta, 2005.

Munandar, Utami, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Nyayu, Khodijah, Psikologi Belajar, Palembang: IAIN Raden Fatah, 2005.

Pehkonen, Erkki. “The State of Art in Mathematical Creativity”, 1997, http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm, Volume 29, Juni 1997, No.3, Electronic Edition ISSN 1615-679X, [24 Juni 2010].

Pusat Bahasa Kemendiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Silver, Edward A, “Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing”, 1997. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm. Volume 29, Juni 1997, No.3, Electronic Edition ISSN l615-679X [24 Juni 2010].

Siswono, Tatag Yuli Eko, “Pembelajaran Matematika Humanistik yang Mengembangkan Kreativitas Siswa”, Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang Memanusiakan Manusia, di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tanggal 28-30 Agustus 2007.

Siswono, Tatag Yuli Eko, “Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika”, Ringkasan disertasi, diunduh pada Tanggal 23 Desember 2009, dari: http://suaraguru.wordpress.com, 2007.




DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/index

ISSN: 2549-3388 

Creative Commons License

This work for Jurnal Al Bidayah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Hosting & Design by www.groove.co.id