Pengembangan LKS Matematika Yang Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Islam Di Kelas IV MI Diponegoro Bantul

Authors

  • Luluk Mauluah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v6i1.146

Keywords:

LKS, Islam, matematika, SD/MI.

Abstract

 Penelitian ini adalah penelitian R&D yang bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk kelas IV SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall. LKS yang dihasilkan memiliki komponen: kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator. Selain itu ada aikon ide, mari bermain, mari berlatih, diskusikan bersama ternan-ternan dan latihan. Integrasi dilakukan pada 4 ranah:filosoji, materi, strategi dan metodologi. Kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam secara langsung adalah kompetensi dasar 3.4, 3. 7, 3.8, dan 3.11. Efektifitas LKS hanya tercapai menurut ketuntasan individu, dan tidak tercapai secara klasikal.

References

Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif,

Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Darmawan, Andy, Muqowim dan Khoiruddin, Pengantar Studi Islam,

Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2005.

Armstrong, T, Setiap Anak Cerdas (Panduan membantu anak be/ajar dengan memanfaatkan multiple intelligence), USA: ASCD, 2005.

Barbour, I.G., Issues in Science and Religion, New York: Harper Touchbooks, 1996.

Bell,E.T., Mathematics Queen & Servant of Science, Washington:

Tempus, 1987.

Bermawy Munthe, Casmini, & Sembodo Ardi Widodo, Pembelajaran Integratif-Interkonektif (Studi anal/isis kualitas pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Laporan Penelitian Kelompok. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Bugha, M. & Misto, M., Syarah Arbain Nawawiyah, Pokok-Pokok Ajaran Islam (Terjemahan Abdullah) Damaskus: Daar Ibn Katsir (Buku asli diterbitkan tahun 1413 H /1992), 2007.

Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan (Menemukan kembali pendidikan yang manusiawi), Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Depdiknas UNY Program Pascasarjana, Pedoman Tesis dan Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY, 2010.

Dryden, G. & Vos, J., The Learning Revolution: to Change the way the world learns. Revolusi Cara Be/ajar. Keajaiban Pikiran (Bagian I). (Terjemahan word++ Translation service) Penyunting: Ahmad Baiquni, Bandung: Mizan Media Utama. (Buku asli diterbitkan tahun 1999, Selandia Baru: The Learning Web), 2002

Erman Suherman, dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempor. (Edisi Revisi), Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2003.

Kementrian Agama RI, Syaamil Alqur 'an Miracle the Reference, Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2010.

Lefrancois, A & Guy, R., Psychology for Teaching. Wadsworth:

Thomson Learning, 2000.

Marsigit, Pembudayaan Matematika di Sekolah untuk Mencapai Keunggulan Bangsa, Makalah Seminar Nasional Pembelajaran

Matematika Sekolah, Yogyakarta: FMIPA UNY, 2009.

Merriam-Webster, New Merriam-Webster English Dictionary,

Massachusetts: Inc. of Springfield, 1989.

Pokja Akademik, Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri (UJN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga,

Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Malang: Kencan Pumama Media Group, 2010.

Reys, R.E, Suydam, M.N, Lindquist, M.M, et al, Helping Children Learn Mathematics, (Fifth edition) Boston: Allyn and Bacon, 1989.

Slamet Suyanto, Paidi, dan Insih Wilujeng. (2011 ). Lembar Kerja Siswa (LKS). Makalah pada Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember-6 Desember 2011. Versi elektronik dari: staff.uny.ac.idlsites/default/.ILEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx (2 Mei 2013)

Downloads