Fungsionalisasi Masjid Sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Novan Ardy Wiyani Program Studi PGSD STKIP Islam Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v5i2.123

Keywords:

masjid, laboratorium, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh guru PAl di SD Islam Terpadu Al-Ambari Bumiayu dalam memfungsikan masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa ada lima upaya yang dilakukan dalam fungsionalisasi masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter di SD Islam Terpadu Al-Ambari Bumiayu. Pertama, membentuk pengurus masjid. Kedua, merumuskan visi, misi, nilai-nilai dan tujuan masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter. Ketiga, menyusun program kegiatan masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter. Keempat, melaksanakan program kegiatan masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter. Kelima, menilai keberhasilan program kegiatan masjid sebagai laboratorium pendidikan karakter.

References

Alwi, Hasan, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Anthon, Tonggo, Teknik Pembuatan Program kerja: Konteks Pembuatan Kebijakan, Yogyakarta: InsKPI, 2004.

Bush, Tony dan Marianne Coleman, Afanajemen Strategis Kepememimpinan Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010

http://m.riaupos.co/berita.php?act=full&id=29713&kat=1#.jPC5NLibio.

http://megapolitan.kompas.com/read/20 12/02117115154687.

http://wartapedia.com/nasionallhukum-dan-kriminal/2977-kenakalananak-tiga-murid-sd-coba-racuni-teman-sekelas.

http://www.republika.co.id/bcrita/nasional/daerah/13/02/14/mi6i6o-sd-di-jambi-kurunng-siswa-bermasalah-di-sel-sekolah.

http://www.solopos.com/2012/10/04/siswa-sd-ngringo-diduga-nonton-fihn-dewasa-sekolah-membantah-335997.

Karlin, Abdul, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher, 2009.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Roqib, Muhammad, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Yogyakarta: LkiS, 2009.

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: IRCiSoD, 2010.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2011.

Supardi dan Syaiful Anwar, Dasar-Dasar Perilaku Organisasi, Yogyakarta : UII Press, 2004.

Tutuk Ningsih, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif Sekolah, Jurnal Insania, Vol, 16, No,2, Mei-Agustus 2011.

www.radar-bekasi.com/?p= 12739.

Downloads