Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berintegrasikan Media KIT IPA untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Naniek Kusumawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar IKIP PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.14421/albidayah.v8i2.111

Keywords:

Media KIT IPA, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasi perangkat pembelajaran yang meliputi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dan respon siswa. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model 4-D dengan rancangan uji coba one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian meliputi: 1) validitas perangkat pembelajaran RPP dengan poin 3.86 dengan kategori sangat baik, BAS dengan poin 3.71 dengan kategori sangat baik, LKS dengan poin 3.9 kategori sangat baik, dan keterbacaan BAS dengan poin 76.50% kategori sedang 2) Implementasi perangkat pembelajaran meliputi keterlaksanaan RPP dengan poin 99.0%, keterampilan proses sains siswa secara individu adalah 90.1%, secara klasikalnya adalah 100% dan respon siswa yang positif terhadap pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berintegrasikan media KIT IPA untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas V sekolah dasar layak digunakan.

References

Abdullah, Mikrajuddin, Sains Fisika 2 Untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2004.

Abdullah, Mikrajuddin, Fisika 1B SMA dan MA Untuk Kelas X Semester II, Jakarta: Erlangga, 2006.

Aktamis, H., Ergin O, The effect of scientific process skills education on students’ scientific creativity, science attitudes and academic achievments, Asia-pacific Forum on Science learning and Teaching Vol 9, Issue 1, Article 4, p.1, Jun,2008.

Anitah, S., Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka bekerja sama dengan FKIP UNS, 2009.

Arends, R., Classroom Instruction and Management, New York: Mc Graw-Hill, 1997.

Arends, R., Learning to Teach. Toronto: McGraw-Hill International Companies, Inc 1221 Avenue of Americas New York, 2008.

Arifin, Z., Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2009.

Arikunto, S., Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Arsyad, A., Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2009.

Asyhar, R., Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.

Asra,S., Metode Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2007.

Borich, G.D., Observation Skill for Effective Teaching, Englewood Cliffs: Macmillan Publishing Company, 1994.

Dahar, R., Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga, 1989.

Darsono, Max., Belajar dan Pembelajaran, Semarang: CV.IKIP Semarang Press, 2000.

Daryanto, Media Pembelajara, Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.

Dayton, Kemp, J.E., and Deane, K., Planning and Producing Instructional Media, New York: Harper & Row, 1985.

Depdiknas, SEQIP: Buku IPA Guru 5. Jakarta: PT. Binabar Grafiscont, 2000.

Depdiknas, Permendiknas RI No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran IPA SD, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Depdiknas, Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar Kelas 5, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djamarah, S.B dan Zain, A., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Feyzioglu, B, “An Investigation of Relationship between Science Process Skills with Efficient Laboratory Use and Science Achievement in Chemistry Education”, Journal, Journal of Turkish Science Education. Vol. 6, Issue 3, December 2009.

Gronlund, N.E., Constructing Achievement Test 5th Edition, New York: Prentice Hall inc, 1982.

Hake, Richard, R., Interactive-engagement vs traditional methods: A sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses, Am, J. Phys, 1998.

Ibrahim, M., Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Surabaya: University Press, 2010.

Ibrahim, M., Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetens, Jakarta: Depdiknas, 2002.

Subrata, I Nyoman dan Suma, Ketut, “Penerapan Model ICI dengan ALPS KIT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biofisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi”,Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 3. No. 1 ISSN 1979-7109, FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha, 2009.

Kanginan, M., Fisika untuk SMA Kelas X Semester 2, Jakarta: Erlangga, 2006.

Madeamin, I., Aplikasi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Fisika, Retrieved Oktober 2008,from geocities. Com., 2003.

Mulyasa, H.E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Musfiqon, Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2012.

Nurlaela, Luthfiyah, Model Pembelajaran, Gaya Belajar, Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar, Surabaya: Unesa University Press, 2010.

Nur, M., Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains, Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA, 2003.

Pardhan, H., Inquiry, Process Skills and Thinking in Science. Soi Child No 2, 8-9, 2000.

Prawiradilaga, Salma, Dewi, Prinsip Desain Pembelajaran Instructional Design Principles. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Ratumanan, G.T., Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press, 2004.

Ratumanan, G.T. dan T., Laurens, Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan Dengan Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta, 2006.

Rohandi, R., Memberdayakan Anak Melalui Pendidikan Sains (dalam Sumaji. 1988). Pendidikan Sains yang Humanis, Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Rosida, “Peningkatan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran IPA Materi Fotosintesis Menggunakan Media Berbasis KIT IPA”, Tesisi, Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI Bandung, 2011.

Rouf A. A., Pengembangan Perangkat Pembelajaran fisika SMA Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Listrik Dinamik, Surabaya: Pascasarjana Unesa, 2012.

Rustaman, Nuryani, Materi dan Pembelajaran IPA SD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Ruwanto, Bambang, Fisika 1 SMA/MA Kelas X, Jakarta: Yudhistira, 2007.

Sanjaya, W., Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2002.

Sanjaya, W., Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Perdana Media Group, 2008.

Semiawan, Cony, Pendidikan Keterampilan Proses, Jakarta: Gramedia, 1992.

Silberman, M., Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa, 2012.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Salatiga: Bina Aksara. 1987.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Solihin, A., “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis”, Tesis, Bandung: Tesis Tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UPI, 2005.

Sudjana, N., Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sulistyorini, Sri, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.

Susilana, R. & Riyana, C., Media Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima, 2008.

Thiagarajan, S., Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children A Sourcebook, Indiana: Indiana University, 1974.

Trisnoherawati, Nanik, Penggunaan Peralatan KIT IPA dalam Pembelajaran IPA Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI Bandung, 2004.

Wardani,I.G.A.K., “Guru sebagai pekerja profesional: Satu renungan tentang sosok guru abad 21 serta implikasinya bagi Universitas Terbuka”.Jurnal. Jurnal Pendidikan 1 (1):288-45, 2000.

Winatapura, Udin Saripudin, Materi Pokok Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka-Depdikbud, 2007

http: //goeroendeso.files. wordpress.com/ 2009/ 02/ edgar-dale 1.gif (di download 08 Oktober 2

Downloads