Implementasi Multiple Intelligences dalam Pendidikan Dasar

Authors

  • Ana Fitrotun Nisa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.81

Keywords:

Multiple Intelligences, Elementary Education

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan urgensi Multiple Intelligences dalam konteks pendidikan dan pembangunan bangsa. Penelitian ini merupakan theoritical research (penelitian teoritik) dilakukan melalui analisis artikel dari berbagai jurnal, buku, dan media cetak yang berkaitan dengan Multiple Intelligences untuk ditemukan hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dikatakan unggul jika ia dapat mengubah anak didik yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Pendidikan dasar diberikan untuk meningkatkan potensi anak didik di berbagai macam kecerdasan (Multiple Intelligences). Setidaknya terdapat 8 kecerdasan yang perlu dimiliki anak didik, yaitu kecerdasan logis-matematis, linguistik, musikal, spasial, kinestetis, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Multiple Intelligences pada pendidikan dasar diimplementasikan dalam pembelajaran yang berguna untuk mencukupi semua kebutuhan anak didik yang beragam. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran berdiferensiasi. Sistem pembelajaan berdiferensiasi dapat dilakukan dengan terlebih dahulu diidentifikasi kemampuan anak, dicari strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak, dan disediakan objek belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak didik. Hal ini membuat anak didik yang berkarakter dan berkemampuan intelektual yang baik.

References

Akinpelu, J. A., Philosophy of Education. London: Macmillan Publisher, 1981.

Arends, Richard I., dan Kilcher, Ann, Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge, 2010.

Ary Ginanjar Agustian, ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga, 2005.

Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Avci, Suleyman, dan Akinoglu, Orhan, “An Examination og the practices of Teachers Regarding the Arrangement of Education According to Individual Differences”, International Journal of Instruction, 7(2): 191-206, Diambil pada tanggal 29 September 2015, Dari http:// www.e-iji.net/dosyalar/iji_2014_2 _14.pdf, 2014.

Beller, Yahya, dan Avci, Suleyman, “Tiered Instruction: An Effective Strategy to Differentiation Instruction”, Journal of Kirsehir Education Faculty, 12(3): 109-126, Diambil pada tanggal 30 September 2015, dari http://kefad.ahievran.edu.tr/archieve/pdfler/Cilt12S ayi3/JKEF_12_3_2011_109-126.pdf.

Danar Zohar, SQ: Kecerdasan Spiritual, Terj. Rahmani Astuti. Bandung, Mizan Pustaka, 2007.

Dearden, R. F., Hirst, P. H., dan Peters, R. S. (eds), A Crituque of Current Educational Aims: Part I of Education and the Development ofReason. London: Routledge & Kegan Paul, 1975.

Depdiknas, Standar Kompetensi Dasar Guru, Jakarta: Ditjen Dikti, 1975.

Djohar, Guru, Pendidikan dan Pembinaannya Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang Undang Guru. Yogyakarta: Sinar Grafika. 2007.

Dotger, Sharon dan McQuitty, Vicki, “Describing Elementary Teachers' Operative Systems” The Elementary School Journal, 115(1): 73-96, 2014.

Gardner, David, G., Shoback, Dolores, Multiple Intelligence, Newyork: McGraw Hill, 2007.

Heafford, M. R., Pestalozzi: His Thoughts and Its Relevance Today. London: Methuen 1967.

Howard Gardner, Intelegence Reframed: Multiple Intelligences for The 21 Century, New York: Basic Book, 2000.

Hughes, Jan N., “Longitudinal Effects of Teacher and Student Perceptions of Teacher-Student Relationship Qualities in Academic Adjustment”, The Elementary School Journal, 112(1): 38-60, 2011.

Jianzhong Xu, “Models of Secondary School Students' Interest in Homework: A Multilevel Analysis”, American Educational Research Journal, 45(4): 1180-1205, 2008.

Kay Kohlhaas, Hsin-Hui Lin, dan Kwang-Lee Chu, “Science Equity in Third Grade”, The Elementary School Journal, 110(3): 393-408, 2010.

McKeown, Margaret G., dan Beck, Isabel L., “The Assessment and Characterization of Young Learnenrs' Knowledge of a Topic in History”, American Educational Research Journal, 27(4): 688-726, 1990.

Ming Ming Chiu, “Adapting Teacher Interventions to Student Needs During Cooperative Learning: How to Improve Student Problem Solving and Time On-Task”. American Educational Research Journal, 41(2): 365-399, 2004.

Munif Chatib, 2004. Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan, terj.Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa, 2004.

Paul Suparno, Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara menerapkan teori Multiple Intelligences Howard Gardner, Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Pring, Richard, Philosophy of Education: Aims, Theory, Common Sense, and Research. New York: Continuum, 2005.

Reis, Sally M. et al, “The Effects of Differentiated Instruction and Emichment Pedagogy on Reading Achievement in Five Elementary Schools”, American Educational Research Joumal, 48(2): 462-501, 2011.

Skerrett, Allison, dan Hargreaves, Andy, “Students Diversity and Secondary School Change in a Context of Increasingly Standardized Perform”, American Educational Research Journal, 45(4): 913-915, 2008.

Tadkirotun Mufiroh, Cerdas Melalui Bermain, Jakarta: Grasindo, 2008.

Tim Dosen Ketamansiswaan, Materi Kuliah Ketamansiswaan, Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2014.

Yusi Pumiasih, “Strategi Multiple Intelligence”, Diambil pada Tanggal pada 30 Agustus 2015, Dikutip dari http://yusipurniasih.blogspot.co.id/2013110/strategi-multiple-intelligence.html

Downloads