Pengembangan Instrumen Baku Penilaian Kualitas Lembar Kerja Siswa Tematik Sub Sains Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Authors

  • Panji Hidayat Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i2.77

Keywords:

Student Work Sheet, thematic, Elementary School

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik instrumen penilaian LKS tematik subsains SD kelas tinggi yang layak ditinjau dari aspek keterbacaan, validitas, objektivitas, kesistematisan, dan praktikabilitas. Instrumen ini digunakan sebagai instrumen penilaian kualitas LKS tematik subsains SD kelas tinggi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model procedural yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Subyek penilai instrument ini meliputi ahli evaluasi dan ahli media yang bertindak sebagai reviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument penilaian kualitas diperoleh rata-rata 89 dengan kualitas sangat baik (SB). Rerata keterbacaan: 72 9 (baik/B), rerata validitas: 4,2 (baik/B), rerata objektivitas: 4,2 (baik/B), rerata kesistematisan: 4,4 (sangat baik/SB), dan rerata praktikabilitas: 4,2 (baik/B). Jadi, instrumen penilaian kualitas LKS tematik sub sains SD kelas tinggi ini layak digitnakan sebagai instrumen penilaian kualitas LKS tematik SD.

References

Aisiah, “Pengembangan Instrumen Penilaian Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Padang (Khusus untuk Jurusan sejarah)”. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2009.

Anitah, Sri, Media belajar Pembelajaran, Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Arsyad, Azhar, Media belajar Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2002.

Cohen, L., Manion, L., and Morisson, K., Research Methodes in Education Fifth Edition. London: Taylor & Francis e-Library, 2005.

Ghony, Djunaidi dan Almanshur, Fauzan, Petunjuk Praktik Penelitian Pendidikan, Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis, Pendidikan IPA II, Jakarta: Depdikbud, 1992.

Indriana, Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Mudjilah, Hana Sri “Pengembangan Instrumen Evaluasi Mata Kuliah Praktik Musik”, Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2005.

Prastowo, Andi, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press, 2011.

Santyasa, I Wayan, “Landasan Konseptual Media Pembelajaran”, Makalah, disampaikan pada kegiatan Workshop Media belajar Pembelajaran bagi guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan di Banjar Angkan Klunkung, Januari 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Sund, R, Teaching Science through Discovery, New York: Macmillan Publishing Company, 1998.

Widoyoko, Eko Putro, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Downloads