Perbandingan Standar Nasional Pendidikan Sains Indonesia dan National Science Education Standards USA pada Pendidikan Dasar

Authors

  • Sigit Prasetyo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v5i1.68

Keywords:

Science Education Standards, Indonesia, USA

Abstract

Secara umum, topik kajian mala pelajaran sains di Indonesia di pendidikan dasar hampir sama dengan di Amerika. Namun, ada beberapa perbedaan. Misal: Di Amerika dikaji delapan topik, tapi di Indonesia hanya enam topik. Ada dua topik dalam standar kompetensi sains di Amerika yang tidak dikembangkan dalam standar kompetensi di Indonesia. Dua topik tersebut adalah tentang sejarah perkembangan sains dan konsep kesatuan proses. Perljabaran topik juga berbeda; di Amerika, pada standar sains, kajian tentang lingkungan dalam perspektifpribadi dan sosial. Di Indonesia, pada topik tentang sains, kajian tentang lingkungan terpadu, teknologi, dan masyarakat.

References

Depdiknas, Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu, Jakarta: www.puskur.net, 2007.

Martin, R., Sexton, C., Franklin, T., et al., Teaching science fol all children: Inquiry methods for constructing understanding (3rd ed.), Boston: Pearson Education, Inc., 2005.

Department of Education, Science Content Standards for California Public Schools, Kindergarten Through Grade Twelve, Sacramento: California, 2000.

Department of Education, English-Language Arts Content Stan-dards for California Public Schools, Kindergarten Through Grade Twelve, Sacramento: California Department of Education, 1998.

Department of Education, Science Safety Handbook for California Public Schools, Sacramento: California Department of Education, 1999.

Sri Sulistyorini, Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2007.

Suwama, dkk, Pengajaran Milcro, Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.

Downloads